Header Ads

Targetkan 160 Paduan Suara dan 6 Negara, Ini Tempat Daftar PICF 2019

Penampilan paduan suara SDK PENABUR Gading Serpong di acara Soft Launching PICF 2019 di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Jumat, 7 September 2018 (KalderaNews/Humas PENABUR)
JAKARTA, KalderaNews.com - Untuk keempat kalinya BPK PENABUR Jakarta akan menghelat PENABUR International Choir Festival (PICF) pada 3-7 September 2019 mendatang. Even bertaraf internasional ini menargetkan peserta lebih banyak dari gelaran ketiga pada 2017 lalu.

"Tahun lalu (PICF 2017-red) diikuti 140 paduan suara yang mayoritas dari Indonesia dan sekitar 10 paduan suara dari Filipina dan Malaysia. Untuk PICF 2019 kita berharap akan lebih banyak lagi yang ikut yakni 160 paduan suara dan 6 negara seperti Malaysia, Filipina, China, Singapura dan negara lainnya. Itu goal kita," tegas Minar Pakpahan selaku Panitia Inti PICF 2019 di acara Soft Launching PICF 2019 di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Jumat, 7 September 2018.

Ia pun mengajak seluruh tim paduan suara sekolah mulai jenjang TK sampai dengan SLTA, nasional maupun internasional untuk berlaga dan meraih prestasi di acara ini. Ia meyakinkan kalau konsep pelaksanaan acara pada PICF 2019 akan lebih profesional hingga tamu undangannya tidak hanya dihadiri pemerintah Indonesia, tetapi juga dari mancanegara.

BACA JUGA:
Diikuti 4.923 Peserta, PICF 2017 Komit Kembangkan Karakter Anak Bangsa
Fespas Penabur 2017 Jadi Inspirasi dan Barometer Festival Kancah Dunia


Diketahui, pada PICF 2017 lalu, ada 131 tim paduan suara dengan total 4.923 peserta (BACA: Diikuti 4.923 Peserta, PICF 2017 Komit Kembangkan Karakter Anak Bangsa). Tim paduan suara ini berasal dari 16 provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Lampung, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Dua tim paduan suara mancanegara yang mengikuti adalah Malaysia dan Filipina.


Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi (paling tengah) di acara Soft Launching PICF 2019 di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Jumat, 7 September 2018 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Pada penyelenggaraan PICF 2017 lalu itu BPK PENABUR Jakarta bekerjasama dengan Bandung Choral Society (BCS) yang telah memiliki reputasi internasional untuk menyelenggarakan festival paduan suara, tetapi untuk PICF 2019 BPK PENABUR Jakarta menegaskan akan menyelenggarakannya secara mandiri. Pernyataan ini disampaikan Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi.

"PICF 2019 akan diselenggarakan secara mandiri. Akan ada 10 juri pada PICF 2019. 7 atau 8 dari internasional dan 2 atau 3 dari Indonesia. Kegiatan yang digagas pada 2013 lalu ini memang sudah mengikutsertakan juri internasional untuk ikut memberikan penilaian pada seluruh peserta. Demikian juga pada yang kedua dan terakhir tahun lalu bukan hanya juri internasional yang hadir, tetapi juga peserta dari negara lain yaitu Filipina dan Malaysia," tandasnya.

Ia menjelaskan festival yang keempat kali diselenggarakan oleh BPK PENABUR Jakarta ini untuk pertama kalinya diselenggarakan pada 2013 lalu, selanjutnya 2015 dan 2017. Pada 2019 mendatang adalah yang keempat kalinya. Festival ini menjadi ajang pertemuan berbagai orang dengan latar belakang negara yang berbeda, suku yang beragam dan budaya yang berbeda.

"Kegiatan ini digagas dalam rangka mengembangkan potret talenta anak-anak dalam bermusik dan berbudaya," tandasnya.

Sementara itu, Marson Sinaga yang ikut menikmati PICF yang dihelat BPK PENABUR Jakarta mengaku terkesan dengan gelaran PICF yang telah belangsung selama ini.

"Saya sangat terkesan sekali dengan PICF 2017 karena itu adalah festival internasional yang dihadiri negara lain dan jurinya juga dari luar negeri juga. Kok hebat banget ya Kelapa Gading menyelenggarakan even internasional seperti ini. Saya sangat mengapresiasi PICF 2017, output-nya menghasilnya paduan suara yang berkualitas," akunya di acara yang dimeriahkan penampilan paduan suara peserta didik SDK PENABUR Gading Serpong dan SMPK PENABUR Kota Wisata tersebut.

Paduan suara SMPK PENABUR Kota Wisata di acara Soft Launching PICF 2019 di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Jumat, 7 September 2018 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Kalau pada PICF sebelumnya ada delapan kategori yang diselenggarakan yaitu Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School dan Kategori Umum (Mixed Youth Choir, Folklore, Gospel & Spiritual dan Musica Sacra), pada PICF 2019 akan ditambah dua kategori lain yaitu Children Choir dan Mixed  Choir. Dengan demikian, tidak hanya paduan suara sekolah, tetapi paduan suara umum juga dapat mengikuti PICF 2019.

Berlaku sebagai Artistic Director PICF 2019 yakni Aida Swenson Simanjuntak, Pendiri dan Pemimpin Paduan Suara Anak Indonesia (PSA I). Tentunya, ia akan menjadi sosok yang mampu menghadirkan festival yang meriah dan bermutu. Sementara itu, Dewan Juri PICF 2019 yang didatangkan berasal dari Amerika Serikat, Rusia, Filipina dan beberapa negara lain yang sedang dalam proses konfirmasi.

Panitia PICF 2019 pun mengajak tim paduan suara sekolah baik PENABUR maupun non-PENABUR untuk mengikuti PICF 2019 yang menjadi barometer paduan suara sekolah. Untuk ambil bagian dalam kompetisi ini sangat gampang, informasi lengkap dan pendaftarannya sudah bisa diakses secara online dengan KLIK: Pendaftaran PICF 2019. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.