Header Ads

6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Hadir di Acara Dutch Placement Day 2018

Dutch Placement Day (DPD) 2017 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com - Dutch Placement Day (DPD), sebuah acara tahunan dimana masyarakat yang tertarik studi di Belanda dapat bertatap muka dengan perwakilan universitas Belanda, kembali hadir dan menyapa arek-arek Suroboyo dan sekitarnya dan warga Jakarta dan sekitarnya.

DPD 2018 akan diselenggarakan di Surabaya pada Selasa, 6 November 2018 bertempat di Four Points Hotel, Tunjungan Plaza dan di Jakarta pada Jumat, 9 November 2018 di Perpustakaan Nasional RI - Jl. Medan Merdeka Selatan No 11.

BACA JUGA:
Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Absen di Acara Dutch Placement Day 2018 Ini
Ini Lho Cara Paling Gampang Dapat Gelar PhD dari Belanda
Pendaftaran Sesi Tatap Muka dengan Perwakilan Universitas Belanda Tutup 1 Oktober 2018


Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari menegasakan acara yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja karena di acara ini ada banyak program yang bisa kamu ikuti. Apa saja program tersebut?

1. One-on-One Session

Acara tatap muka langsung calon mahasiswa dengan universitas ini harus melalui perjanjian terlebih dahulu. Jika sudah terkonfirmasi, para calon mahasiswa harus datang ke acara ini dengan membawa berkas-berkas seperti CV, ijazah, transkrip/daftar nilai rapor (salah satu atau semua) yang dapat menjadi bahan untuk konsultasi mendalam dengan pihak universitas. Pertemuan tatap muka eksklusif antara calon mahasiswa dan universitas ini kuota pendaftarnya dibatasi dan dilaksanakan sesaat sebelum pameran yang terbuka untuk umum dilaksanakan. Pendaftaran one on one session gelombang pertama (4 Agustus - 12 Oktober 2018) telah ditutup. Namun, masih ada beberapa universitas yang membuka kesempatan di sesi ini. Pastikan untuk mengisi formulir sesuai kota tujuan kamu sebelum 26 Oktober 2018. KLIK: Daftar One-on-One Session.

2. PhD Recruitment
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DPD 2018 akan disemarakkan dengan PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer. Academic Transfer adalah lembaga yang menginformasikan lowongan untuk berkarir dalam penelitian dan pendidikan tinggi di Belanda. Sesi PhD Recruitment memberikan kesempatan bagi para peneliti yang tertarik mengambil gelar PhD di Belanda untuk tatap muka dan berdiskusi langsung dengan para professor yang dapat menjadi pembimbing penelitian. Program one-on-one dengan profesor ini tidak diadakan di DPD Surabaya alias hanya diadakan di DPD Jakarta. Tertarik? KLIK: Daftar Online Ketemu Profesor.

3. Pameran Pendidikan
Setelah one-on-one session atau sesi tatap muka langsung dengan representatif universitas secara pribadi, pameran pendidikan akan dibuka untuk pengunjung umum. Daftar Institusi Pendidikan Tinggi Belanda yang akan hadir yakni  Amsterdam University of Applied Sciences, Breda University of Applied Sciences (Hanya di JKT), Eindhoven University of Technology, Erasmus School of Economics, Erasmus University Rotterdam (Hanya di JKT), Fontys University of Applied Sciences, Hanze University of Applied Sciences Groningen, Holland International Study Centre (Hanya di JKT), IHS, Institute for Housing & Urban Development Studies (Hanya di JKT), Inholland University of Applied Sciences, International Institute of Social Studies (ISS) (Hanya di JKT), Leiden University, Maastricht School of Management, Maastricht University, NHL Stenden University of Applied Sciences, Radboud University, Rotterdam Business School (Hanya di JKT).


Dutch Placement Day (DPD) 2017 (KalderaNews/JS de Britto)

Ada lagi, Saxion University of Applied Sciences, The Hague University of Applied Sciences, TIAS Business School and Society-Tilburg University (Hanya di Jkt), Tilburg University (Hanya di Jkt), University of Amsterdam (Hanya di JKT), University of Groningen, University of Twente (Hanya di JKT), Utrecht University, Vrije Universiteit Amsterdam (Hanya di JKT), Wageningen University & Research dan Wittenborg University of Applied Sciences. Jika tertarik mengikuti pameran pendidikan Belanda (Dutch Placement Day) ini, silakan melakukan pendaftaran untuk memudahkan registrasi ulang di hari acara. dengan KLIK: Daftar Ikut DPD 2018.

4. Presentasi Beasiswa ke Belanda
Ada beragam beasiswa yang diburu pelajar dan mahasiswa Indonesia, mulai dari Beasiswa StuNed (Studeren in Nederland), Beasiswa OTS, Beasiswa NFP, Beasiswa Pascasarjana DIKTI, Beasiswa LPDP, Beasiswa dari Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, Beasiswa Ungggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Erasmus Mundus, Beasiswa Kominfo hingga Beasiswa SPIRIT. So, hadir di DPD 2018 adalah keputusan yang tepat untuk mengetahui lebih mendalam tentang beragam beasiswa studi ke Negeri Kincir Angin.

5. IELTS Try Out
Nuffic Neso Indonesia bekerjasama dengan Kaplan EduPac menyelenggarakan IELTS Try Out gratis bagi calon mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk studi di luar negeri. Tidak semua yang mendaftar dapat mengikuti simulasi ujian (try out) dikarenakan keterbatasan tempat. Hanya 100 peserta di kota Surabaya dan 180 peserta di kota Jakarta yang dapat kami fasilitasi. Penyelenggara akan mengutamakan yang lebih awal mendaftar. Pastikan kamu mendapat email konfirmasi paling lambat tanggal 29 Oktober 2018  yang menyatakan kamu dapat mengikuti IELTS Prediction Test sesuai jadwal di Surabaya & Jakarta. Pendaftaran try out ini, KLIK: Daftar IELTS Try Out DPD 2018.

6. Seminar Menulis Motivation Statement
Menulis motivation statement untuk mendapatkan beasiswa itu tidak gampang. Ada sejumlah poin penting yang kudu diperhatikan. Surat motivasi untuk universitas tentu beda dengan surat motivasi untuk daftar beasiswa. Kalau untuk daftar beasiswa ceritanya lain lagi yakni kudu ditekankan poin kenapa menjadi orang yang pantas atau berhak untuk dapetin beasiswa ini. Ingin mahir menulis motivation statement? DPD 2018 di Surabaya dan Jakarta itu jangan sampai lewat! (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.