Header Ads

ITS dan Unimed Borong Medali dari International Young Inventors Awards

International Young Inventors Awards (IYIA) ke-5, di Bali Beach Sanur, Bali (KalderaNews/IYIA)
BALI, KalderaNews.com - Tujuh tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ( ITS) sukses menggondol 9 medali dari International Young Inventors Awards (IYIA) ke-5, di Bali Beach Sanur, Bali.

Ketujuh tim tersebut yakni 4 tim dari Departemen Kimia, 2 tim dari Teknik Kimia Industri Aryaraka dan 1 tim dari Tim Antena Teknik Material.

Dari perolehan sembilan medali dari kontingen ITS, 3 di antaranya adalah medali emas. Dua emas disumbangkan tim Departemen Kimia sekaligus. Adapun emas kedua diperoleh dari Microbial Fuel Cell (MFC) inovatif.

Wulan Aulia mengaku senang dengan capaian ini dan terutama bisa bersaing di kancah internasional. "Kami senang terutama ketika tim kami berhasil mempersembahkan medali emas untuk ITS,” kata Wulan. 


Sementara itu, tim dari Universitas Negeri Medan (Unimed) juga mengukir pestasi dengan membawa pulang 5 medali emas (gold medal), 1 medali perak (silver medal) dan 1 medali perunggu (bronze medal) serta Social Enterprise Award.

Acara IYIA ini sendiri diadakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) yang didirikan pada 2011. Asosiasi ini terdiri dari pemenang kompetisi penelitian atau inovasi nasional dan internasional. Kegiatan ini rutin setiap tahun dilakukan, yang bertujuan membantu dan menghubungkan inovator Indonesia untuk menunjukkan ide atau produk inovatif mereka ke tingkat Internasional.

Director of Training and Innovation Development INNOPA, Windani Tiarahmawati menuturkan Acara IYIA 2018 ini diikuti oleh 15 Negara, diantaranya  Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Taiwan dan lain-lain. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.