Header Ads

Mau D3 atau S1? Yuk Kenali Jenjang Pendidikan Tinggi!


JAKARTA, Kalderanews.com – Buat kamu yang kini tengah duduk di kelas XII SMA pasti sudah tidak sabar untuk segera kuliah. Tapi mau kuliah dimana ya? Berdasarkan tingkatannya ada beberapa jenis sekolah lanjutan yang perlu kamu kenali sebelum menentukan pilihan. Berikut ulasannya.

1. Pendidikan Vokasi

Jenis pendidikan ini mengarah pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pembelajarannya pun lebih mengarah pada keterampilan dan praktik unjuk kerja dibandingkan penguasaan teoritisnya.

Pendidikan ini mencakup Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3), dan Diploma IV (D4). Gelar yang dimiliki lulusan pendidikan ini adalah Alhi Pratama (A.P.), Ahli Muda (A.Ma.), Ahli Madya (A.Md.), dan Sarjana Terapan (S.Tr.) . Kini pendidikan D1 maupun D2 sudah sudah tidak begitu populer karena tidak banyak institusi pendidikan yang membuka program tersebut.

2. Pendidikan Akademik

Pendidikan akademik mengarah pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu tertentu, seperti seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Berbeda dengan pendidikan vokasi, pendidikan ini lebih menekankan pada konsep teoritisnya.

Jenjang pendidikan di dalamnya mencakup Sarjana atau Strata 1 (S1), Magister atau Master (S2), dan Doktor (S3). Gelarnya pun mengikuti bidang ilmu yang dipelajarinya, seperti S.H. (Sarjana Hukum), M.Pd. (Magister Pendidikan), dan sebagainya. Sedangkan penyandang gelar Doktor diberi singkatan Dr. di depan namanya.


Makin tinggi tingkatannya, makin spesifik bidang ilmu yang dipelajari. Tingkatan S2 dapat pula diartikan sebagai pendidikan spesialisasi tertentu. Misalnya, seorang dokter yang mengambil spesialisasi bidang anak, maka gelarnya menjadi: dr. di depan nama dan Sp.A di belakang nama.

(AL)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.