Header Ads

Tips Mencari Beasiswa dan Cara Daftar Kuliah di Belanda

Alumni Radboud University dari Sulawesi Tenggara, Astriwana (KalderaNews/Dok.Pribadi)
JAKARTA, KalderaNews.com - Salah satu cara mendapatkan beasiswa yakni dengan mencari terlebih dahulu beasiswa yang cocok. Berikut ini pengalaman Alumni Radboud University dari Sulawesi Tenggara, Astriwana dalam mencari beasiswa.

1. List semua beasiswa yang kamu tahu, pastinya kamu bakal punya list yang panjang. Ini bisa membantu, bisa juga malah tambah bingung mau masukin aplikasimu kemana.

2. Kalo rajin sih masukin saja satu-satu tapi kalo kayak saya yang agak males dengan merapikan prosedur harus pinter-pinter milih beasiswa yang paling memungkinkan saja.

3. Saran saya pilih beasiswa yang lebih spesifik saja. Misalnya, beasiswa untuk kewarganegaraan tertentu seperti Indonesia, untuk pekerjaan tertentu seperti PNS & dosen atau beasiswa dari universitas tertentu. 


BACA JUGA:
Inilah Keunggulan Riset di Radboud University
Cara Jitu Memilih Universitas Terbaik di Luar Negeri
Daya Pikat Kuliah Science di "Dapur" Peraih Nobel Fisika 2010
Kisah "Cinta Mati" Indri Hapsari Putri pada Radboud University

 
4. Jadilah saya coba googling universitas – universitas tujuan saya dan benar saja tiap universitas hampir semua memiliki beasiswa sendiri, begitu juga dengan universitas dimana saya mengambil pendidikan master saya, Radboud University Belanda.

5. Caranya, kamu harus rajin baca website universitas. Di Radboud website resminya www.ru.nl. Gak usah bingung kalo pas buka website langsung baca teks dalam bahasa Belanda (wkwkwkwk) di pojok kanan atas layar ada pilihan bahasa kok. Klik saja “English”, teks akan secara otomatis berubah menjadi teks dalam bahasa Inggris. Lega deh.

6. Setelah itu pilih menu “Education” dan klik sub menu yang sesuai dengan pendidikan yang ingin dituju.

7. Kamu bisa baca-baca profil jurusan yang kamu minati dengan memilih “English-taught master’s”. Bila sudah ada yang diminati klik aja link jurusannya contohnya saya mau ke master’s in Biology, Specialisation in Water and Environment. Klik Water and Environment, maka deskripsi jurusan akan tertera.

8. Di halaman itu, kamu bisa baca detail perkuliahan mulai dari apa saja yang akan kamu pelajari, biaya hidup, prosedur pendaftaran serta biaya-biaya apa saja yang akan dibutuhkan untuk kuliah dan hidup di Belanda.

9. Tapi yang bikin saya tertarik adalah kata “Scholarships and Grants” alias beasiswa. Klik saja. Gak pakai lama, kamu bisa dapat info seluruh beasiswa yang ditawarkan oleh Radboud University.

10. Dari semua beasiswa yang ditawarkan, saya mencoba apply untuk beasiswa Radboud scholarship programme (RSP). Ini jenis beasiswa parsial artinya tidak membiaya penuh kuliah kamu di sana tapi cukup mengurangi beban finansial. Kenapa pilih ini? Karena jujur saja saya juga mau apply ke beasiswa lainnya yang sifatnya membiayai penuh kebutuhan kuliah di luar negeri. Namun, nasib berkata lain saya tidak mendapatkan beasiswa penuh tetapi lolos RSP ini, alhamdulillah :)

11. Detail RSP dapat dengan mudah didapatkan dengan klik link yang tertera sesuai namanya. Kemudian detail beasiswa sudah langsung bisa kamu cermati, seperti pada link ini: https://www.ru.nl/english/education/masters-programmes/international-mastersstudents/financial-matters/scholarships-grants/read_more/rsprogramme/

12. Kalau mau coba apply bisa baca cara applynya di sub judul “Application procedure and documents required”. Di situ kamu bisa klik link  “application for admission".

13. Di situ ada pilihan mengenai bagaimana cara kamu memulai aplikasi. Nah pilih saja “Students with an international degree” maka kamu akan diantar halaman yang menyediakan list jurusan mana saja yang bisa mendapatkan beasiswa ini, karena tidak semua jurusan bisa diapply menggunakan beasiswa ini. 

Alumni Radboud University dari Sulawesi Tenggara, Astriwana (KalderaNews/Dok.Pribadi)
14. Contohnya saya ini ya, mau masuk master jurusan “Biology” klik saja jurusan tersebut.

15. Barulah secara spesifik tertera bagaimana aplikasimu dimulai secara berurutan.

16. Singkatnya di Belanda untuk mendaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas caranya melalui  Studielink, yaitu sistem registrasi online resmi Belanda untuk masuk ke universitas-universitas di sana. Jadi link ini tidak hanya digunakan untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Radboud, tapi ke seluruh universitas di Belanda juga. Nah perhatikan baik-baik prosedur pendaftarannya ya.

17. Setelah klik studielink, kamu akan masuk ke halaman yang memungkinkan kamu untuk membuat akun registrasi (apply for username & password).  Nah isi deh data pribadi kamu.

18. Setelah itu cek email yang kamu gunakan saat mengisi data pribadi. Link akan dikirim ke email kamu untuk log in ke studielink lagi dan mengis aplikasi kamu.  Aplikasi pendaftaran mahasiswanya disebut OSIRIS application.

19. Selanjutnya kamu akan diberi batas waktu tertentu (56 hari) untuk menyelesaikan aplikasi ini termasuk mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhka. Well, selamat mencoba dan semoga sukses ya. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.