Header Ads

1.500 Pelajar, Orangtua hingga Praktisi di Jakarta Hadiri Dutch Placement Day 2018

PhD Recruitment di DPD 2018 Jakarta
Dutch Placement Day (DPD) 2018 diramaikan dengan PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 11 November 2018 (KalderaNews/JS de Britto)
JAKARTA, KalderaNews.com - Setelah sukses memboyong 16 institusi pendidikan tinggi Belanda untuk bertemu masyarakat Surabaya pada 6 November 2018 lalu, total 27 institusi pendidikan tinggi Belanda memutuskan untuk tidak melewati rangkaian pameran pendidikan Dutch Placement Day (DPD) dan European Higher Education Fair (EHEF) di Jakarta. 

Alasan banyaknya institusi pendidikan tinggi Belanda yang berpartisipasi pada acara DPD di Jakarta karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri.

Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari mengatakan antusias masyarakat Jakarta terhadap informasi pendidikan di luar negeri khususnya di Belanda dapat terlihat dari jumlah pendaftar yang tercatat mencapai sebanyak 1,500 yang terdiri dari pelajar/lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DPD 2018 dilengkapi dengan PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer. Academic Transfer adalah lembaga yang menginformasikan lowongan untuk berkarir dalam penelitian dan pendidikan tinggi di Belanda.

Sesi PhD Recruitment memberikan kesempatan bagi para peneliti yang tertarik mengambil gelar PhD di Belanda untuk tatap muka dan berdiskusi langsung dengan para professor yang dapat menjadi pembimbing penelitian.

"Kesempatan ini diharapkan dapat memfasilitasi kandidat PhD untuk memperoleh Letter of Admission (LoA) dari pihak universitas Belanda yang nantinya akan membantu proses aplikasi beasiswa. Lima belas (15) professor dari berbagai disiplin ilmu hadir di DPD Jakarta," tegasnya di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 11 November 2018.

PhD Recruitment di DPD 2018 Jakarta
PhD Recruitment diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer di Dutch Placement Day (DPD) 2018 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat, 11 November 2018 (KalderaNews/JS de Britto)
Di sisi lain, sektor pendidikan tinggi Belanda memang menyediakan lingkungan belajar yang sangat berorientasi internasional sehingga menarik minat masyarakat di Jakarta.

“Kami senang menyambut siswa dari semua budaya dan agama. Anda akan bergabung dengan komunitas staf dan mahasiswa yang dinamis dan beragam. Orientasi internasional yang kuat dari ekonomi dan masyarakat Belanda menjelaskan mengapa Belanda adalah negara pertama di benua Eropa yang menawarkan program studi berbahasa Inggris dan gelar yang diakui dunia,” tegas Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl.

Ia menambahkan pendidikan tinggi di Belanda memiliki kualitas tinggi dan telah berhasil mempertahankan reputasi di tingkat dunia. Sembilan universitas riset Belanda berada di 200 besar the World University rankings dan Belanda menduduki peringkat 4 terbaik dalam kualitas pendidikan secara umum. 

Sungguh merupakan pencapaian yang besar bagi sebuah negara kecil. Tak perlu repot mempersiapkan belajar Bahasa Belanda secara khusus untuk studi di Belanda, karena telah ditawarkan lebih dari 2,100 program studi internasional yang pengajaran sepenuhnya dilaksanakan dalam bahasa Inggris. 

"Calon mahasiswa hanya perlu memenuhi kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan ujian IELTS atau TOEFL. Lebih dari 90% masyarakat Belanda pun mampu berbahasa Inggris sehingga para pelajar tidak kesulitan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Kualitas pendidikan di Belanda sudah merata dan diakui dunia. Hal ini terbukti dengan lebih dari 112,000 mahasiswa internasional menempuh salah satu dari 2,100 program studi internasional yang tersedia di Belanda pada tahun akademik 2017-18. Sebanyak 164 negara yang berbeda tercerminkan dalam angka keseluruhan mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan di institusi pendidikan tinggi Belanda
. (JS)

SIMAK VIDEO
Semarak Dutch Placement Day (DPD) 2018 
(Dalam Proses Editing)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.