Header Ads

Bidik Dunia Pendidikan, BlueScope "Rayu" Kemendikbud

KI-KA: Dewi Chomistriana, ST, M.Sc (Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kementerian PUPR), Rhea Sianipar (VP Corporate & External Affair PT NS BlueScope Indonesia) Yan Xu (Presdir PT NS BueScope Indonesia), Hamid Muhammad M. Sc., Ph. D, (Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI), Dr. Abdoellah, M. Pd (Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD & DIKMAS) dan Dr.Ir. M Bakrun, M.M. (Direktur Pembinaan SMK) saat Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan PT NS BlueScope Indonesia (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com - PT NS BlueScope Indonesia (BlueScope) ingin membina dan memberdayakan para siswa dan pendidik di bidang konstruksi dalam hal pemasangan baja ringan, khususnya di sekolah-sekolah menengah kejuruan.

Pembinaan ini bertujuan mendukung pertumbuhan industri baja ringan dengan memastikan peningkatan kompetensi tenaga kerja konstruksi Indonesia khususnya terkait pemasangan baja ringan.

Presiden Direktur PT NS BlueScope Indonesia, Yan Xu mengaku ingin meningkatkan kapasitas dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang dimulai dari usia sekolah agar Indonesia dapat melahirkan tenaga kerja yang terlatih (skilled manpower) untuk membangun daya saing Indonesia yang tinggi terutama di sektor konstruksi.

Guna mewujudkan hal ini BlueScope membidik dunia pendidikan dengan masuk ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan menyodorkan nota kesepahaman.

"Nota kesepahaman ini merupakan wujud kepedulian kami dalam mempercepat kesiapan siswa SMK bidang konstruksi dan bangunan agar siap langsung terjun ke dunia kerja dan menambah jam terbang mereka sebagai ahli pemasang baja ringan,” klaim Yan Xu.

Berdasarkan Nota Kesepahaman ini, PT NS BlueScope Indonesia dan Kemendikbud akan melaksanakan pelatihan bidang konstruksi baja ringan bagi guru dan peserta didik SMK, termasuk pengembangan materi pelatihan pemasangan dan pemantauan pemasangan baja ringan.

Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk menetapkan sekolah sasaran, melaksanakan magang bagi guru SMK, melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik, menyediakan guru tamu bagi SMK, hingga mengembangkan dan memanfaatkan sarana dan prasarana di bidang konstruksi baja ringan.

VP Corporate and External Affairs PT NS BlueScope Indonesia, Rhea Sianipar menargetkan pelatihan pada 10.000 peserta didik dan guru selama lima tahun ke depan. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.