Header Ads

Mendikbud: Peran Guru Tidak Akan Tergantikan Kemajuan Teknologi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy
JAKARTA, KalderaNews.com - Puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang biasa diperingati setiap 25 November akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 1 Desember 2018.

Terkait acara ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy juga telah mengeluarkan pidato tertulis. Kemendikbud melihat tantangan pendidikan abad 21 semakin berat sehingga membutuhkan peningkatan profesionalisme guru. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh guru memiliki sikap mental dan komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi sesuai dengan perubahan zaman.

Mendikbud juga mengakui meski teknologi informasi berkembang sangat cepat dan sumber informasi sangat mudah ditemukan, peran guru tidak akan tergantikan kemajuan teknologi. Tugas guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai dan karakter yang terkait dengan integritas dan kepribadian adalah hal yang tidak dapat digantikan oleh teknologi.

Kendati demikian ia mengajak para guru untuk mampu mengarahkan potensi positif teknologi informasi alih-alih terkena dampak positifnya.

"Memasuki revolusi industri 4.0, guru diimbau mampu memanfaatkan perubahan teknologi dan informasi yang super cepat itu untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah sehingga mampu menghasilkan lulusan berkompetensi global," tandasnya. (NS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.