Header Ads

Sekolah PENABUR Sukabumi, Bogor dan Cianjur Siap Mencetak "Manusia Unggul" untuk Masa Depan

Ketua Umum BPK PENABUR 2018-2022, Adri Lazuardi SH (KalderaNews/Humas PENABUR)
JAKARTA, KalderaNews.com - Tantangan nyata dunia pendidikan dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 yaitu kesiapannya melahirkan generasi masa depan yang memiliki kemampuan soft skill yang tidak akan bisa dilakukan oleh mesin. Soft skill menjadi salah satu faktor paling penting yang harus dimiliki peserta didik agar di masa depan menjadi pribadi unggul tidak hanya dalam hal kecerdasan intelektual semata.

Menurut studi World Economic Forum ditemukan bahwa soft skill yang dimaksud yakni kemampuan memecahan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi dan fleksibilitas kognitif.

Kemampuan-kemampuan seperti inilah yang saat ini terus dikembangkan oleh BPK PENABUR. BPK PENABUR ingin membangun generasi bangsa yang akan datang, yang tidak hanya memiliki kecerdasan, tapi juga karakter yang memampukan mereka berada di tengah-tengah masyarakat dan berkontribusi di dalamnya melalui bidang yang ditekuni.


BACA JUGA:
BPK PENABUR Harus Berani Berubah
Adri Lazuardi: Revolusi Industri 4.0 Tidak Bisa Kita Hindari
Benarkah BPK PENABUR Jakarta Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0?
Ini Kata Mereka tentang BPK PENABUR di HUT yang ke-68
Inilah Prestasi yang Layak Dibanggakan di HUT ke-68 BPK PENABUR
Sekolah di Jakarta dengan Segudang Prestasi di Olimpiade Sains Nasional 2018
BPK PENABUR Jakarta "Rumah Besar" Keberagaman


Pesan jelas ini disampaikan Ketua Umum BPK PENABUR 2018-2022, Adri Lazuardi SH saat melantik pengurus BPK PENABUR Sukabumi, Bogor dan Cianjur pada akhir pekan ini Sabtu-Minggu, 3-4 November 2018.

Melalui pelantikan pengurus baru ini, BPK PENABUR terus berkomitmen untuk secara konsisten mengembangkan sistem pendidikan yang menyeluruh demi perkembangan peserta didik agar memiliki dasar dasar iman Kristiani yang kuat, menguasal ilmu pengetahuan dan teknologi yang handal serta berjiwa melayani terhadap sesamanya.

Sekolah PENABUR Sukabumi

Bermula dari Sekolah Rakyat Kristen Bethel yang berdiri pada 1950 silam, sekarang Sekolah BPK PENABUR Sukabumi telah berkembang di empat lokasi yakni di Jl. Zaenal Zahse No.27 (Jenjang TK), JI. R.E. Martadinata No.48  (Jenjang SD), JI. Bhayangkara No.240  (Jenjang SMP, Nasional Plus) dan Jl. R. Syamsudin SH No 60 (SMA Nasional Plus) dan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran.

BPK PENABUR Sukabumi menorehkan berbagai prestasi mengagumkan seperti SMPK BPK PENABUR Sukabumi yang dalam lima tahun berturut turut (2012/2013 sampai 2016/2017) meraih nilai UN tertinggi se-Kota Sukabumi.

Peserta didik SMAK BPK PENABUR Sukabumi, Valerie Nathalia Wieguna, pada tahun 2017 lalu juga berhasil mendapatkan beasiswa dari Holland Scholarship dan saat ini sedang studi di HU University of Applied Science, Utrech, Belanda, jurusan International Business and Management Studies.

Adapun nilai tertinggi se-SMK Kota Sukabumi diraih oleh Christian Chandra pada tahun pelajaran 2017/2018. SMEAK PENABUR Sukabumi dengan program keterampilan Admnistrasi Perkantoran juga telah banyak meluluskan peserta didik yang bisa langsung bekerja di kantor pemerintahan, bank dan industri.

Pelantikan 8 Pengurus BPK PENABUR Sukabumi Masa Pelayanan 2018-2022 (KalderaNews/Humas PENABUR)
BPK PENABUR Sukabumi melalui torehan prestasi ini menunjukkan sebagai sekolah yang unggul baik di Sukabumi maupun wilayah Jawa Barat. Kendati demikian, Ketua BPK PENABUR Sukabumi, Rimba Gunawan menegaskan bahwa kualitasnya memang harus ditingkatkan lagi. Baik guru, karyawan maupun peserta didik harus difokuskan pada PKBN2K (Pendidikan Kristen Berbasis Nilai-nilai Kristiani).

Nah, guna meningkatkan prestasi-prestasi yang telah diraih, pada Sabtu, 3 November 2018, bertempat di GKI Zaenal Sahse Sukabumi, JI. Zaenal Zahse No.15, Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Adri lazuardi SH melantik 8 Pengurus BPK PENABUR Sukabumi Masa Pelayanan 2018-2022.

Adri Lazuardi menandaskan PKBN2K akan mampu menciptakan generasi bangsa masa depan yang tidak hanya memiliki kecerdasan, tapi juga karakter yang memampukan mereka BEST di masa depan. Oleh karenanya, berani berubah adalah sikap yang tepat dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0.

Sekolah PENABUR Bogor

BPK PENABUR Bogor mengelola sekolah yang berada di dua lokasi yaitu di Jl. Paledang Bogor Tengah, Gang. Buntu No.1, Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor (Nasional) dan Jl. Dewi Sartika No. 5 B, Sentul City, Bogor (Nasional Plus). Masing masing sekolah menyelenggarakan pendidikan mulai jenjang Taman Kanak-Kanak hingga SMA. Saat ini BPK PENABUR Bogor memiliki 1.353 peserta didik, 143 guru dan 50 karyawan.

Prestasi yang diraih SD Nasional Plus BPK PENABUR Sentul City yaitu 2 perak, 4 perunggu dan 1 merit di ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad,31 Agustus-2 September 2018 di Hong Kong.

Tidak hanya peserta didik yang berprestasi, kepala sekolah yang bertugas di Paledang berhasil menjadi Juara 3 Kepala TK Berprestasi, Juara 3 Kepala SD Berprestasi dan Juara 1 Kepala SMP Berprestasi pada 2016.

Pelantikan 8 Pengurus BPK PENABUR Bogor Masa Pelayanan 2018-2022 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Nah, guna meningkatkan torehan-torehan prestasinya, 8 Pengurus BPK PENABUR Bogor Masa Pelayanan 2018-2022 dilantik oleh Ketua Umum BPK PENABUR, Adri Lazuardi SH di GKI Bogor Saru, JI. Cimanuk No.10, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu pagi, 4 November 2018.

Ketua BPK PENABUR Bogor, Aryawan mengatakan bahwa menjadi pemimpin adalah sebuah panggilan dan berani berubah menjadi inspirasi bagi setiap pribadi yang menjadi bagian di BPK PENABUR Bogor. Ia lantas menegaskan bahwa peningkatan kualitas dan kaderisasi pemimpin adalah fokusnya selama empat tahun ke depan.

Sekolah PENABUR Cianjur

Cikal bakal BPK PENABUR Cianjur (sebelumnya KPS Cianjur) bermula dari jenjang Taman Kanak Kanak pada 1961. BPK PENABUR Cianjur resmi berdiri pada 26 November 1967. BPK PENABUR Cianjur ini menjadi jabawan atas cita-cita dan gagasan Majelis Jemaat GKI Jabar di Cianjur akan adanya sekolah Kristen.

Saat ini 491 peserta didik jenjang TK-SMA bersama 48 guru dan 17 karyawan aktif dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah yang beralamat di JI. Barisan Banteng No. 1, Solokpandan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Umum BPK PENABUR 2018-2022, Adri Lazuardi SH bersama Ketua BPK PENABUR Cianjur Edwin Sembiring SP (KalderaNews/Humas PENABUR)
Saat melantik 5 Pengurus BPK PENABUR Cianjur Masa Pelayanan 2018-2022 di GKI Cianjur, JI. HOS Cokroaminoto N 55, Muka, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu sore, 4 November 2018, Adri Lazuardi, SH mengharapkan BPK PENABUR Cianjur menjadi jawaban bagi para orangtua di daerah Cianjur yang ingin menyekolahkan putra-putrinya.

Menanggapi harapan ini, Ketua BPK PENABUR Cianjur Edwin Sembiring SP berkomitmen meningkatkan kinerja guru dan karyawan yaitu memaksimalkan peranannya untuk membuat BPK PENABUR Cianjur semakin maju dan tentunya juga fokus pada kualitas yang lebih baik sehingga orangtua yang  memiliki kerinduan menyekolahkan anaknya sejak dini di sekolah Kristen dengan kualitas baik dapat terpenuhi. (JS)

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.