Header Ads

Sinergi Tiga Pilar Kunci Kemajuan PENABUR Bandung, Tasikmalaya dan Cimahi

SMPK PENABUR Tasikmalaya saat pelantikan Pengurus BPK PENABUR Tasikmalaya
Penampilan SMPK PENABUR Tasikmalaya saat pelantikan Pengurus BPK PENABUR Tasikmalaya, Minggu, 11 November 2018 (KalderaNews/Humas PENABUR)

JAKARTA, KalderaNews.com - Ketua Umum BPK PENABUR, Adri Lazuardi berkeyakinan keberagaman yang ada di BPK PENABUR baik talenta, prestasi, maupun suku, ras dan lainnya adalah sebagai kekuatan, sehingga BPK PENABUR mampu berdiri dan terus maju di tengah-tengah perkembangan zaman.

Selain pilar internal sekolah ini, kemajuan BPK PENABUR selama ini tak dipungkiri berkat kemampuan mensinergikan dengan pilar lain yakni orangtua dan Gereja. Oleh sebab itu, Adri berpesan pada para pengurus BPK PENABUR di Bandung, Tasikmalaya dan Cimahi untuk benar-benar mensinergikan tiga pilar tersebut.


BACA JUGA:
Sekolah PENABUR Sukabumi, Bogor dan Cianjur Siap Mencetak "Manusia Unggul" untuk Masa Depan

Harapan sinergi tiga pilar yang tak boleh hanya sekadar wacana tersebut diutarakannya saat melantik Pengurus BPK PENABUR yang ada di tiga daerah yakni Bandung pada Sabtu, 10 November 2018, Tasikmalaya pada Minggu, 11 November 2018 dan Cimahi pada Minggu, 11 November 2018.

"Berani berubah adalah sikap yang tepat dalam menghadapi tantangan jaman di era Revolusi 4.0," tandasnya.

BPK PENABUR Bandung. BPK PENABUR Bandung sebelumnya bernama KPS (Komisi Pembantu Setempat) Bandung dan didirikan pada 26 Mei 1959. Hingga saat ini, sekolah yang berada di sembilan kompleks ini memiliki  29 sekolah yaitu 8 TKK, 8 SDK,  6 SMPK,  7 SLTAK  (6 SMAK dan 1 SMKFK). Gedung Sekolah SMPK-SMAK & Auditorium BPK PENABUR Singgasana adalah gedung terbaru yang diresmikan pada 10 Februari 2018 lalu.

Dalam pencapaiannya, BPK PENABUR Bandung terus menunjukkan prestasi yang membanggakan diantaranya SMK Farmasi BPK PENABUR Bandung mendapatkan nilai Ujian Nasional tertinggi SMK se-Jawa Barat Tahun 2018. Sementara dalam bidang olah raga, Tim Basket Putra SMAK 3 PENABUR Bandung berhasil mendapatkan gelar Champion pada ajang DBL Honda 2018. Kemudian, pada Lomba Menulis Esai yang diselenggarakan dalam rangka hut MPKI ke 68 bekerja sama dengan KPK PENABUR, Juni 2018, Kayla Zoe berhasil meraih Juara II.

Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung 2018-2022
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Bandung 2018-2022 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Pelantikan berlangsung di GKI (Gereja Kristen Indonesia) Pasirkaliki, Jl. Pasir Kaliki No. 157, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Erwien Kosasih yang didapuk sebagai Ketua Pengurus BPK PENABUR PENABUR mengatakan bahwa saat ini prestasi akademis maupun non akademis sudah baik, namun dengan PKBN2K, anak akan memiliki budi pekerti yang baik.

Erwien yang juga berprofesi sebagai wiraswasta ini mengajak seluruh warga gereja terutama GKI untuk menyekolahkan anaknya di BPK PENABUR Bandung karena PENABUR didirikan untuk memenuhi kebutuhan gereja akan pendidikan.

“Gereja dan sekolah harus sama-sama mendukung satu sama lain terutama dalam penyelenggaraan pendidikan,” ungkap Erwien.

BPK PENABUR Tasikmalaya. BPK PENABUR Tasikmalaya pada awalnya hadir dari gagasan untuk mendirikan sekolah yang menjawab kebingungan jemaat GKI Jabar yang ingin menyekolahkan anaknya. Dengan dukungan dari jemaat dan majelis jemaat maka pada 15 Oktober 1953 berdiri TKK dan SD yang diberi nama SD Masehi.

Dukungan nyata juga terlihat dari pengurus yang pertama kali itu, ikut membantu mengajar. Perkembangan sekolah terus berlanjut hingga orangtua yang menyekolahkan anaknya tidak hanya yang berasal dari dalam kota tetapi juga berasal dari Banjar dan Ciamis.

Saat ini, BPK PENABUR Tasikmalaya mengelola empat sekolah yaitu TKK (Jl. Veteran No.51), SDK dan SMPK  (Jl. Selakaso No.63), SMAK Jl. Ibu Apipah 1. Sementara itu, peserta didiknya berjumlah 652, dengan 87 guru dan karyawan.

Prestasi yang baik terukir selama ini, diantaranya nilai UN tertinggi yang diraih oleh SMPK dan SMAK untuk tahun 2017-2018, dan ada peserta didik yang mewakili PORDA (Pekan Olah Raga Daerah) 2018 dalam cabor senam.

Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Tasikmalaya 2018-2022
Pelantikan Pengurus BPK PENABUR Tasikmalaya 2018-2022 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Tidak hanya berfokus pada prestasi, Pendidikan Karakter di BPK PENABUR Tasikmalaya juga akan lebih ditingkatkan seperti nilai-nilai mandiri, gigih, maupun tidak gampang menyerah. Karena inilah yang memampukan peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masyarakat.

Ketua BPK PENABUR Tasikmalaya Ferri Candra berharap dapat terjalin lebih baik lagi sinergi antara sekolah dengan orang tua karena dalam mendidik karakter tidak akan maksimal jika tidak didorong dari rumah di mana peserta didik lebih banyak menghabiskan waktunya.

Ferri yang sudah melayani sebelumnya di BPK PENABUR Tasikmalaya selama 8 tahun, memaparkan bahwa meskipun ada kesenjangan antara guru senior dan baru, namun masing-masing memiliki kelebihan yang dapat saling melengkapi. “Dalam kaitan dengan teknologi, guru baru dapat memberikan kontribusinya, sebaliknya guru senior dapat memotivasi guru baru untuk dapat berkarya lebih baik,” tutur Ferri yang memiliki kecintaan pada sekolah dan dunia pendidikan.

BPK PENABUR Cimahi. BPK PENABUR Cimahi dalam sejarahnya, merupakan jawaban atas kerinduan jemaat GKI Jabar Cimahi akan hadirnya sekolah Kristen. Selain itu,  di tahun 1957 terjadi banyak penutupan sekolah asing oleh pemerintah untuk beroperasi di Indonesia. Sehingga pada Agustus 1961 majelis GKI Jabar mewujudkan cita-citanya untuk mendirikan sebuah sekolah di Cimahi.

Sekarang,  BPK PENABUR Cimahi memiliki total jumlah peserta didik 895 orang dengan jumlah guru dan karyawan 119 orang. Sekolah berada di dua lokasi yaitu di Jl. M.K. Wiganda Sasmita No. 23 (jenjang TKK) dan Jl. Encep Kartawira No. 75 (jenjang SD-SMP).

Di tahun 2016, Jenjang SMP berhasil meraih Juara I Tingkat Provinsi di  OSN Nasional untuk mata pelajaran IPS. Sementara, TKK PENABUR Cimahi didapuk sebagai Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Cimahi pada 2014.

Ketua BPK PENABUR Cimahi 2018-2022 Drs. Sumarmo
Ketua BPK PENABUR Cimahi 2018-2022 Drs. Sumarmo (KalderaNews/Humas PENABUR)
BPK PENABUR Cimahi diharapkan dapat menjadi sebuah sekolah yang ramah bagi peserta didik, pendidik dan orang tua sebagai tiga pilar dalam pendidikan. PKBN2K juga menjadi fokus sehingga keluarga besar BPK PENABUR Cimahi mengandalkan dan takut akan Tuhan.

Dalam pelantikan Pengurus BPK PENABUR Cimahi yang berlangsung di GKI Cimahi, Drs. Sumarmo yang menjabat sebagai Ketua BPK PENABUR Cimahi 2018-2022 mengungkapkan bahwa kerja sama antara sekolah dengan orang tua diharapkan dapat terjalin dengan baik, karena pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah saja tetapi juga di dalam keluarga. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.