706 Ribu Guru Honorer Itu Akan Direkrut dan Dilatih




706 Ribu Guru Honorer Itu Akan Direkrut dan Dilatih
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy (KalderaNews/Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menegaskan bahwa guru honorer masih sangat dibutuhkan sebagai guru pengganti karena adanya guru yang pensiun, penambahan sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, atau sebagai pengganti guru yang meninggal maupun mengundurkan diri.

“Namun karena ada moratorium maka berakibat pada penumpukan. Oleh karena itu, kami ingin menyelesaikan masalah guru honorer agar kami bisa mengangkat guru dengan jalur reguler,” ujar Mendikbud, Muhadjir Effendy di Jakarta.

Mendikbud menambahkan guru-guru honorer ini akan direkrut kemudian dilatih lagi agar kemampuannya meningkat.

“Kemarin kami sudah bicara ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), kalau bisa honornya diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU). Jangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) karena pasti nanti sulit,” imbuhnya,

Dijelaskan Mendikbud, dari hasil sensus ditemukan kalau dari 736 ribu guru honorer, ternyata 30 ribu guru honorer diantaranya sudah tidak ada di sekolah. Oleh sebab itu pihaknya akan melakukan pembersihan data untuk menghapus yang sudah tidak lagi menjadi guru honorer. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*