Revitalisasi SMK: Rekrut Profesional Bersertifikat!




Revitalisasi SMK: Rekrut Profesional Bersertifikat!
Para siswa SMK sedang membongkar mesin (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Revitalisasi SMK sejatinya bukan hanya soal penambahan anggaran, tapi bisa juga dari insentif yang diberikan, misalnya kerjasama dengan swasta.

Nah, guna merevitalitasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar sejalan dengan program yang memprioritaskan pembangunan SMK Maritim, Pertanian, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Kemendikbud berencana akan merekrut guru SMK dengan sistem kontrak dari kalangan profesional bersertifikat.

“Ada mata pelajaran yang ilmunya tidak bisa didapat hanya dari sekolah, tetapi harus dari pengalaman kerja misalnya mualim kapal. Jadi biasanya para profesional ini mengambil cuti selama dua tahun. Ini bisa kita gunakan untuk mereka mengajar di SMK. Setelah selesai kontrak maka mereka akan kembali ke profesi semula,” jelas Mendikbud di Jakarta.

Mendikbud menambahkan, saat ini sudah ada SMK yang mempunyai teaching factory, dan sudah diizinkan untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Teaching factory artinya dia sudah sesuai sistemnya dengan partner industrinya dan sudah mendapatkan pendapatan. Oleh karena itu, revitalisasi yang kita kembangkan adalah bagaimana mendorong mereka untuk menjadi BLU. Jadi kita investasikan, lalu bisa kita lepas,” tandas Mendikbud. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*