5 Negara Paling Diminati Pelajar dan Mahasiswa Indonesia




Sydney Opera House di Australia
Sydney Opera House di Australia

JAKARTA, KalderaNews.com – Dari tahun ke tahun jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia yang studi ke luar negeri terus meningkat. Hasil penelitian Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia mendapati setiap tahunnya sedikitnya 35 ribu pelajar atau mahasiswa Indonesia studi ke luar negeri.

Quick Count Achievement SUN Education 2018 juga menemukan hal yang sama bahwa jumlah pelajar atau mahasiswa Indonesia yang kuliah ke luar negeri terus meningkat dalam setahun terakhir.

Kenaikannya bahkan di angka 15-20 persen. Kedepan jumlahnya pasti akan terus melonjak karena  55 persen penduduk Indonesia saat ini adalah generasi muda.

BACA JUGA:

Meski jumlahnya terus meningkat, ternyata masih kalah jumlah dengan negara-negara Asia lainnya, misalkan China. Mereka setiap tahunnya mengirimkan 500 ribu pelajar dan mahasiswanya studi ke luar negeri.

Lantas ke negara mana para pelajar dan mahasiswa Indonesia itu studi? Ternyata, ada 5 negara favorit yang menjadi destinasi studi pelajar Indonesia.

Kelima negara tersebut adalah Australia, Amerika, Inggris, Singapura, dan China. Data ini cukup menarik karena Autralia kini menggeser posisi Amerika yang selama ini menjadi negara favorit untuk tujuan studi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Beberapa faktor penyebabnya yakni banyak universitas terbaik yang masuk dalam ranking dunia dan faktor jarak yang dekat dengan Indonesia.

Selain Inggris yang sedang naik pamor, empat negara lainnya sedang naik daun adalah Selandia Baru, Belanda, Jerman, dan Malaysia. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*