7 Universitas Indonesia yang Memberi Dampak Konkret di Bidang Sosial-Ekonomi




Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – THE (Times Higher Education) World University Rankings baru saja merilis peringkat universitas dunia yang mampu memberikan dampak di bidang sosial dan ekonomi.

Dengan melibatkan 450 universitas dari 76 negara dengan menggunakan Sustanaible Develompment Goal’s (SDG’s) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Universitas Auckland di Selandia Baru, Universitas McMaster Kanada dan Universitas British Columbia, dan Universitas Manchester di Inggris masuk sebagai 4 besar universitas dunia yang paling memberi dampak sosial dan ekonomi.

BACA JUGA:

Selanjutnya, Jepang menjadi negara paling banyak masuk dalam pemeringkatan dengan 41 universitas, diikuti AS dengan 31 dan Rusia dengan 30 universitas.

Sementara itu dari Indonesia, ada 7 universitas yang masuk dalam pemeringkatan ini. Ke-7 universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (peringkat 80 dunia), Universitas Diponegoro (peringkat 101-200), Universitas Gadjah Mada (peringkat 101-200), Institut Pertanian Bogor (peringkat 201-300), Institut Teknologi Bandung (peringkat 300+), Universitas Padjajaran (peringkat 300+), dan Universitas Negeri Yogyakarta (peringkat 300+)

Adapun indikator yang digunakan dalam pemeringkatan ini (1) Kesehatan dan kesejahteraan, (2) Pendidikan berkualitas, (3) Kesetaraan jender, (4) Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, (5) Industri, inovasi, dan infrastruktur, (6) Mengurangi kesenjangan, (7) Kota dan komunitas yang berkelanjutan, (8) Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawabm (9) Aksi iklim, (10) Perdamaian, keadilan dan institusi yang kuat serta (11) Kemitraan untuk mencapai tujuan. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*