Atasi Memori Smartphone Penuh dengan Tips Berikut Ini!

Pusing dengan memori smartphone kamu yang selalu penuh saat dibutuhkan? Banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menghemat memorimu dengan tips berikut ini...

menambah memori smartphone penuh
Ilustrasi memori smartphone habis (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com –  Sering dari kalian mengeluh ketika ingin menyimpan data atau menginstal aplikasi karena kendala keterbatasan memori? Mungkin salah satu penyebabnya terlalu banyak data tersimpan di dalam memori atau kamu malas untuk membersihkan “sampah” pada memori smartphone kamu?

BACA JUGA:

Apabila memori smartphone kamu sudah mulai penuh, lakukan tips ini untuk memberikan ruang kosong lebih banyak pada memori kamu!

Hapus aplikasi yang jarang terpakai

Apabila aplikasi dalam smartphonemu lebih dari 30 hari tidak kamu gunakan, ada baiknya kamu hapus saja aplikasimu itu. Jangan buat memori kamu terpakai sia-sia dengan aplikasi yang bahkan kamu sama sekali tidak pernah pakai di smartphonemu.

Bersihkan cache aplikasi.

menghapus cache aplikasi membuat memori tersisa lebih banyak
Menghapus cache pada aplikasi bisa memperbanyak memori kosong pada smartphonemu (KalderaNews/ Fajar H)

Selain berfungsi untuk mempercepat aplikasi saat membuka (loading), ternyata cache juga memakan banyak memori smartphonemu, lho! Hapus cache pada aplikasi yang paling sering kamu gunakan, misalnya sosial media, WhatsApp, LINE, Facebook, dan lain-lainnya.

Gunakan aplikasi rendah memori (lite version)

Facebook Lite ini hanya berukuran 2.1MB saja, jika dibandingkan dengan Facebook Apps yang mencapai 54MB (KalderaNews/Fajar H)

Gunakan aplikasi tersebut untuk menghemat ruang memori di smartphone kamu. Jika kamu menggunakan ponsel dengan OS Android, pada PlayStore kamu bisa mencari dengan kata “Lite” dibelakangnya. Contohnya seperti Facebook Lite, LINE Lite. Namun, kekurangan dari aplikasi lite ini, ada beberapa fitur yang dipangkas. Pentingan mana, fitur, atau memori smartphone kamu yang lega?

Backup percakapan pada aplikasi chatting.

Segera lakukan backup pada aplikasi chatting (WhatsApp, LINE, Telegram) jika kamu memiliki percakapan yang penting seperti dengan bos, grup sekolah, atau dengan mantan terindah, hehehe…

Langkah yang dilakukan bisa ke menu pengaturan pada masing-masing aplikasi untuk mencadangkan (backup) percakapan pentingmu. Selain menghemat memori, backup percakapan akan sangat berguna apabila suatu saat kamu mengganti smartphonemu. Tak perlu bersusah payah, karena percakapan dari smartphonemu yang lama sudah dicadangkan di cloud.

Pindahkan data berharga ke Cloud

Apabila kamu menggunakan OS Android, manfaatkanlah aplikasi bawaan seperti Google Drive yang siap untuk mencadangkan semua data-data berharga yang ada dalam smartphone mu.

Manfaatkan Google Photos & iCloud untuk mencadangkan fotomu

Dengan Google Photos, kamu bisa pilih foto dalam smartphone kamu untuk di backup. (KalderaNews/Fajar H)

Sebuah inovasi lain dari Google dan Apple untuk mencadangkan foto-fotomu tanpa harus memakan memory smartphone kamu. Untuk pengguna Apple, pada dasarnya kamu sudah terhubung otomatis apabila kamu memiliki Apple ID untuk login. Atur Google Photos atau iCloud kamu untuk mencadangkan otomatis agar kita tidak repot mencadangkan secara manual.

Menonaktifkan aplikasi yang tidak bisa dihapus

Cara ini terdengar sulit dan aneh. Apabila pada smartphonemu terdapat aplikasi yang tidak bisa dihapus, maka cara satu-satunya adalah dengan men-disable aplikasinya.

Itulah kiranya tips yang bisa kamu lakukan untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone kamu. Jika kamu ada tips lain untuk menghemat memori smartphonemu, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar, lho! (FH)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*