Beasiswa S2 CRCS di UGM Tutup Juni 2019




10 PTN di Indonesia dengan Penelitian Terbanyak
Universitas Gadjah Mada (UGM)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Gadjah Mada menawarkan Program Beasiswa SPP/UKT Tahun Ajaran 2019/2020 kepada lulusan S1 PTN/S dengan preferensi pada lulusan Perguruan Tinggi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu dan PT Umum.

Beasiswa ini ditawarkan untuk melanjutkan studi S2 (Master Degree) di Program Studi Agama dan Lintas Budaya (ALB) atau dikenal dengan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS).

Beasiswa ini mencakup SPP senilai Rp. 8.000.000,00- per semester yang diberikan selama 4 semester. Sayanngnya, beasiswa ini tidak menanggung biaya hidup, biaya penelitian, biaya transportasi, biaya buku, dan biaya lainnya.

BACA JUGA:

Kewajiban penerima beasiswa adalah wajib bekerja selama 6 jam dalam satu minggu di CRCS. Terdapat 2 jenis pekerjaan yang ditawarkan, yakni menjadi asisten peneliti di bawah koordinasi divisi riset. Tugas dari asisten peneliti adalah membaca dan mengkliping berita-berita dari koran, majalah dan media online dengan tema yang telah ditentukandivisi riset. Teknik pengumpulan berita akan dijelaskan lebih lanjut oleh staf divisi riset.

Selain itu, bisa juga memilih menjadi reporter di bawah koordinasi divisi pendidikan publik. Tugas dari reporter adalah meliput kegiatan CRCS serta menulis berita berdasarkan hasil liputan tersebut untuk ditampilkan di website CRCS.

Persyaratan:
A. Merupakan lulusan D4/S1 dari program Sarjana yang terakreditasi pada universitas dalam negeri atau luar negeri. Dibuka untuk semua jurusan.
Memiliki IPK pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A.
  • ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C

B. Memiliki hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450 (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS).
D. Memiliki hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Ketentuan skor TOEFL ITP min. 475 / TOEFL IBT min. 30 / IELTS 4.0 / TOEP PLTI min. 27 / AcEPT UGM min. 149.
E. Pastikan anda telah memenuhi dokumen persyaratan untuk mendaftar ke UGM

  • Salinan ijazah dan transkrip nilai jenjang pendidikan Sarjana/setara yang telah dilegalisasi universitas asal.
  • Salinan sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara.
  • Sertifikat hasil tes potensi akademik (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat)
  • Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP/TOEFL IBT/IELTS/TOEP PLTI/AcEPT UGM) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat).
  • Deskripsi singkat research plan termasuk alasan mengapa pelamar tertarik memilih topik tersebut.
  • Melampirkan Surat Rekomendasi dari 2 orang yang mengenal pelamar pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar.
  • Proyeksi keinginan pelamar dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah.
  • Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi pelamar yang sudah bekerja.
  • Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah.
  • Mengajukan Surat Lamaran Beasiswa ke Ketua Program Studi Agama dan Lintas Bidaya menjelaskan alasan mengapa melamar beasiswa CRCS dan layak mendapatkan beasiswa CRCS.
  • Surat Pernyataan dari pelamar yang membuktikan bahwa sedang tidak mendapatkan beasiswa dari institusi lain.

Pendaftaran atau seleksi akan dilaksanakan berdasarkan prosedur pendaftaran masuk program Pascasarjana UGM. Pelamar diwajibkan untuk mendaftar secara online pada um.ugm.ac.id dengan pilihan jalur reguler (pantau terus website di atas untuk melihat informasi pendaftaran Program Pascasarjana UGM Tahun Ajaran 2019/2020). Pada formulir pendaftaran online, pilih Program Studi Agama dan Lintas Budaya.

Jika berkas pendaftaran Anda telah masuk di kantor CRCS, selanjutnya staf CRCS akan menghubungi Anda untuk koordinasi jadwal wawancara lebih lanjut. Bagi pelamar yang berada di luar Yogyakarta dapat mengikuti tes wawancara melalui telepon atau Skype. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya dilakukan setelah mahasiswa mendaftar di UGM, yang berkisar antara bulan April s/d Juni 2019.

Informasi lengkap beasiswa ini, termasuk persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan bisa kunjungi Beasiswa S2 CRCS UGM. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*