Catat 4 Tips Ini Saat Memilih Bimbel




Ilustrasi: Bimbel

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar terkadang tak cukup hanya di sekolah atau di rumah. Untuk semakin memahami pelajaran di sekolah, kamu biasanya akan mengikuti bimbingan belajar alias bimbel. Apalagi menjelang ujian, biasanya kamu akan lebih percaya diri jika telah mengikuti bimbel.

Nah, berikut 4 tips yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu memilih bimbel:

Sesuaikan dengan Karakter Kamu
Hal ini amat penting, lantaran akan sangat berpengaruh dalam proses belajar kamu di bimbel. Misal kamu seorang yang pemalu atau cenderung tak banyak bicara. Maka, sebaiknya kamu memilih les privat, daripada memaksakan diri mengikuti bimbel di dalam kelas dengan banyak peserta. Kalau mengikuti bimbel, kamu akan cenderung mengikuti arus suara peserta yang banyak, padahal kamu sebenarnya belum memahami materi yang sedang dibahas.

Namun, jika kamu senang berdiskusi atau belajar bersama dnegan banyak teman, sebaiknya kamu memilih bimbel dengan peserta yang banyak. Sehingga kamu dapat lebih maksimal dalam belajar.

BACA JUGA:

Kualitas Pengajar
Nah, ini juga penting lho! Karena kualitas para pengajar tentu akan sangat mempengaruhi proses selama kamu mengikuti bimbel. Maka sejak awal mendaftar, kamu mesti mencari banyak informasi tentang pengajar di bimbel yang hendak kamu ikuti. Jangan sungkan bertanya tentang latar belakang pendidikan para pengajar, karena ini akan berpengaruh terhadap suasana dan kualitas jam bimbel.

Pelayanan dan Fasilitas
Hal ini juga mesti kamu tanyakan sejak pertama kali mendaftar. Layanan dan fasilitas apa saja yang kamu peroleh selama mengikuti bimbel. Jangan mudah tergiur dengan aneka promo, bonus, atau hadiah yang ditawarkan. Karena tujuan kamu mengikuti bimbel adalah menambah jam belajar kamu. Kamu tentu bisa menilai kualitas pelayanan bimbel sejak awal mendaftar.

Budget Bimbel
Tentang hal ini bisa kamu bicarakan dengan orangtua. Sebaiknya memang sebelum memilih bimbel, kamu mendiskusikan terlebih dahulu dengan orangtua. Pilihlah bimbel yang sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga kamu. Jangan sampai hal ini membebani keuangan keluarga.

Cus, itulah 4 tips untuk memudahkan kamu memilih bimbel yang tepat. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*