Gabriel James Goenawan: 4 Tips Mendapatkan Beasiswa bagi Siswa SMA/Sederajat

Alumni PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG), Gabriel James Goenawan
Alumni PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG), Gabriel James Goenawan (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Remaja lulusan PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) Jakarta, Gabriel James Goenawan (18) sukses menggondol beasiswa S1 penuh ASEAN Undergraduate Scholarship 2019 di Nanyang Technological University (NTU).

“Jujur aja. Awalnya aku ragu untuk apply NTU karena merasa nilai rata-rata rapor akademikku nggak bagus-bagus amat. Nggak amazing gitu, tapi masih memenuhi syarat untuk apply NTU,” tuturnya saat berbicara pada KalderaNews.

Ia berjuang keras belajar persiapan tes fisika, matematika dan inggris. Puji Tuhan, berkat bimbingan dari sekolah dan Wardaya College pada tanggal 5 Maret, pas di hari ultahnya, ia mendapat hadiah luar biasa: ia dinyatakan lulus tes masuk NTU.

BACA JUGA:

Tak berhenti di situ, dua hari kemudian ia dikabari NTU kalau dirinya terpilih untuk ikut tes “Full Scholarship Interview” dari ASEAN Scholarship. Ia pun sukses menggondol beasiswa ini.

Berkaca pada pengalamannya mendapatkan beasiswa ini, ia pun berbagi tips bagi para hunter beasiswa. Berikut 4 tips yang diberikannya:

  • Beranilah bermimpi dan berjuang keras untuk mewujudkannya. Jangan takut untuk mencoba sesuatu.
  • Sukses bisa diraih dengan hidup balance, antara kemampuan akademik dan non-akademik.
  • Passion dan visi kita setelah lulus itu penting karena interviewer mencari siswa yang punya passion yang kuat di jurusan yang dipilih. Bukan hanya kemampuan di bidang akademik dan sosialnya saja. Saat interview, kita harus terlihat semangat & sigap dalam menjawab pertanyaan.
  • Berdoa dan minta pertolongan Tuhan. Karena sehebat apapun kita tetap manusia yang tidak sempurna dan perlu bimbinganNya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*