Lakukan 6 Hal Positif Setelah Ujian Nasional




Ilustrasi: Lulus Ujian

JAKARTA, KalderaNews.com – Usai Ujian Nasional, kamu pasti merasa lega. Satu tahapan telah terlewati. Masa yang paling menyenangkan. Namun, lambat laun kamu pasti akan merasakan jenuh. Nah, berikut ini 6 hal positif yang bisa kamu lakukan selepas Ujian Nasional:

Traveling
Setelah berjibaku dengan aneka kegiatan belajar, tak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk menghibur diri dengan traveling. Carilah destinasi liburan yang bisa membuat kamu merasa disegarkan, bisa ke pantai, ke gunung, atau ke taman hiburan. Jika perlu ajaklah teman-teman kamu. Namun, sesuaikan dengan tebal tipisnya kantong kamu ya!

Mempersiapkan Diri untuk Kuliah
Bagi kamu yang sudah diterima di perguruan tinggi, entah negeri atau swasta, kamu mesti mempersiapkan diri menjalani masa-masa kuliah. Himpunlah sejumlah informasi tentang perkuliahan di universitas atau perguruan tinggi yang hendakdak kamu jalani. Informasi bisa kamu peroleh dengan bertandang langsung ke universitas atau berdiskusi dengan kakak kelas, orangtua, dan guru. Persiapkanlah dengan matang, agar kamu bisa menjalani masa perkuliahan dengan baik.

BACA JUGA

Belajar untuk Ujian Masuk Universitas
Namun, bagi kamu yang belum diterima kuliah, maka kamu harus belajar lebih giat lagi. Kamu bisa belajar secara mandiri atau mengikuti bimbingan belajar.

Magang Kerja
Setelah Ujian Nasional, tentu kamu memiliki waktu luang yang banyak. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan magang kerja. Banyak kok perusahaan atau instansi tertentu membutuhkan tenaga magang. Selain menjalain relasi yang lebih luas, kamu bisa belajar bekerja. Syukur-syukur jika dari hasil magang kerja itu, kamu mendapat penghasilan. Jangan lihat besarannya, namun jadikanlah pengalaman yang pasti akan sangat berarti kelak.

Menekuni Hobi
Selama mempersiapkan Ujian Nasional, tentu ada banyak hal yang kamu tinggalkan, salah satunya hobi. Nah, inilah saat kamu bisa menekuni hobi kamu dengan leluasa.

Belajar Bahasa Asing
Waktu yang lumayan luang ini, bisa kamu manfaatkan untuk mengasah keterampilanmu berbahasa asing. Hal ini bisa kamu lakukan secara mandiri dengan belajar bahasa asing secara online, atau mengikuti kursus. Yakinlah keterampilan kamu berbahasa asing akan sangat bermanfaat kelak, entah dalam dunia perkuliahan atau dunia kerja.

Nah, itulah 6 hal positif yang bisa kamu lakukan selepas Ujian Nasional. Manfaatkan waktu kamu dengan bijak. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*