Pengen Jelong-Jelong Gratis, Ini Triknya!

ilustrasi: traveling

JAKARTA, KalderaNews.com – Jalan-jalan tak perlu mahal, kalau bisa gratis. Itulah ungkapan yang kerap dilontarkan para pelancong ala backpacker. Tapi kini, tidak hanya para backpacker yang bisa jelong-jelong murah. Kamu para mahasiswa juga bisa lho, jalan-jalan ke luar negeri tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Tips yang penting adalah sering-seringlah mengulik informasi melalui jari-jari tanganmu.

Nah, berikut beberapa trik agar kamu bisa jalan-jalan gratis sembari belajar:

Jadilah Sukarelawan
Menjadi sukarelawan menjadi salah satu alternatif bagi kamu ingin jalan-jalan ke luar negeri. Banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization (NGO) baik di dalam maupun luar negeri yang membuka kesempatan bagi kamu menjalankan program mereka sembari jalan-jalan. Beberapa institusi atau lembaga sosial juga kadang membuthkan sukarelawan untuk menjalankan program atau proyek atau event tertentu. Selain mendapat pengalaman berkarya sosial, kamu juga bisa menikmati jalan-jalan secara cuma-cuma. Jika kamu tertarik, mulailah mengulik informasi tentang hal ini. Biasanya penyelenggara akan meminta sejumlah persyaratan yang mesti kamu penuhi.

BACA JUGA:

Ikuti Program Magang
Selain itu, beberapa lembaga atau perusahaan juga membuka kesempatan bagi kamu untuk mengikuti program magang. Nah, biasanya bagi mahasiswa akan disesuaikan dengan jurusannya. Misal perusahaan atau lembaga yang bergerak dalam bidang pertanian, tentu akan mencari mahasiswa jurusan pertanian. Banyak pula perusahaan yang melakukan program tanggung jawab sosialnya dengan membuka kesempatan bagi peserta magang.

Ikut Kompetisi
Bagi kamu yang memiliki hobi atau keterampilan tertentu, bisa juga ikut dalam kompetisi. Biasanya pihak penyelenggara, selain memberikan hadiah berupa materi, ada pula yang berhadiah traveling gratis. Misal kamu hobi fotografi atau menulis atau desain grafis, ikuti kompetisi. Selain mengasah keterampilan dan menyalurkan hobi, siapa tahu berbuah hadiah jalan-jalan gratis, baik di dalam maupun luar negeri.

Intinya adalah sering-sering mengulik informasi dari berbagai media yang ada. So, selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*