Simak! Begini Cara Mengatur Uang Beasiswa




ilustrasi: Beasiswa

JAKARTA, KalderaNews.com –  Mendapat beasiswa tentu menjadi dambaan setiap siswa atau mahasiswa. Nah,jika kamu sudah mendapat beasiswa bukan berarti kamu sudah merdeka dari masalah keuangan. Kamu tetap mesti pintar mengatur kondisi keuangan pribadi. Ikuti tips berikut agar uang beasiswa kamu tidak menguap percuma. Simak, ya!

Catat Semua Pengeluaran
Buatlah catatan detail pengeluaran kamu, bisa mingguan atau bulanan, mulai dari pengeluaran untuk makan sehari-hari, transportasi, kebutuhan pribadi, uang pulsa, dan yang lainnya. Catat semua! Ini agar kamu mengetahui secara pasti berapa pengeluaran kamu selama satu minggu atau satu bulan. Buatlah catatan itu secara rutin, sehingga kamu juga tahu pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu, atau ada pengeluaran mendadak.

BACA JUGA

Buat Rekening Baru
Jika kamu sudah mendapatkan uang beasiswa, segeralah buat rekening baru di bank lain. Rekening baru ini khusus untuk menabung. Jika perlu, jangan membuat kartu ATM untuk rekening baru ini. Uang yang ada di rekening baru ini hanya digunakan pada saat mendesak atau ada kebutuhan yang amat penting saja. Dengan demikian, kamu bisa memantau perkembangan tabungan kamu.

Sejak awal kamu mesti menentukan berapa rupiah yang mesti kamu setorkan ke rekening baru ini. Maka, jika muncul aliran dana beasiswa, segeralah untuk menyisihkan lalu mentransfer ke rekening baru ini. Dengan demikian, setiap bulan kamu harus menabung.

Kas Kecil
Selain memiliki dana tabungan di dua rekening yang berbeda, kamu juga mesti memiliki uang tunai (kas kecil) di dompet. Besarannya bisa kamu tentukan di awal, sebaiknya jangan terlalu besar. Uang inilah yang kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan membuat catatan pengeluaran mingguan, kamu tentu bisa menentukan besaran uang tunai di dompet yang sekiranya cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama satu minggu. Sehingga pengeluaran kamu bisa dipantau secara berkala.

So, jangan jadikan dana beasiswa untuk berfoya-foya. Gunakan dana tersebut untuk keperluan-keperluan yang memang menunjang proses belajar kamu. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*