Tips Manajemen Waktu Mengerjakan Soal UTBK




Ilustrasi : Manajemen Waktu UTBK

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu tantangan dalam UTBK adalah manajeman waktu. Misal soal Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek berjumlah 80 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit, sementara TKA Soshum ada 100 soal dengan waktu 90 menit. Artinya, satu soal kurang lebih mesti dikerjakan dalam waktu satu menit. Nah, gimana caranya menghadapi tantangan itu? Berikut beberapa tips untuk mengatur waktu saat mengerjakan soal UTBK:

Selesaikan Soal yang Mudah
Sebelum mulai mengerjakan soal UTBK, jika mungkin, kamu baca dulu semua pertanyaan. Cari soal yang kamu merasa bisa, mudah, dan cepat dikerjakan. Kalau mendapat soal yang kompleks serta butuh waktu pengerjaan yang lama, apalagi kamu memiliki bayangan jawabannya, mending dilewati saja; kerjakan soal yang lain dulu.

Batasi Waktu Pengerjaan
Jangan fokus pada satu soal saja, padahal kamu belum memiliki gambaran jawabannya. Jika menemukan dalam soal, langsung move on ke soal yang lain. Kamu hanya punya waktu mengerjakan kira-kira satu menit per soal. Jadi, jangan habiskan waktu di satu soal saja.

BACA JUGA

Baca Langsung Jawab
Upayakan satu atau dua kali baca soal, kamu langsung tahu apa yang ditanyakan, dan tahu cara mengerjakannya. Tentu ini akan sangat menghemat waktu. Hati-hati dengan kata-kata negatif, seperti kecuali, selain itu, except, serta yang lain.

Menguasai Tips Menghitung
Satu cara untuk menghemat waktu tatkala mengerjakan soal hitungan adalah menguasai tipsnya. Di sini bukan soal hafal rumus-rumus hitung cepat, tapi mengubah bentuk, menyederhanakan, atau memodifikasi penghitungan itu. tips-tips itu akan sangat menbantu dalam menyelesaikan soal hitungan dengan lebih efektif dan efisien.

Menghadapi Soal Cerita
Bila menghadapi soal dalam bentuk bacaan yang panjang atau soal cerita, bacalah terlebih dahulu pertanyaan. Dari membaca soalnya terlebih dahulu, kamu bisa tahu, apakah perlu membaca semua bacaannya, atau bisa baca loncat-loncat. Contoh, soalnya menanyakan ide pokok paragraf ketiga, nah, kamu bisa langsung loncat membaca paragraf ketiga saja. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat waktu.

So, semoga beberapa tips tersebut membantu kamu mempersiapkan diri mengahadapi UTBK. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*