Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta




Ilustrasi: universitas swasta

JAKARTA, KalderaNews.com – Melanjutkan jenjang pendidikan tinggi menjadi pilihan banyak siswa lulusan SMA di Indonesia. Apalagi dunia kerja kebanyakan mensyaratkan lulusan sarjana atau diploma tiga. Namun, daya tampung perguruan tinggi negeri terbatas. Maka, banyak lulusan SMA yang menjatuhkan pilihan kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Tentu ini bukan pilihan yang buruk, lantaran sekarang banyak PTS yang kualitasnya sebanding, bahkan melebihi PTN.

So, berikut beberapa tips bagi kamu yang hendak mendaftar ke PTS:

Mencari Peringkat Akreditasi PTS
Akreditasi hal yang penting diketahui. Makin tinggi akreditas suatu PTS tentu citra dan lulusannya juga memiliki kualitas. Perlu kamu ketahui, akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi. Peringkat akreditasi suatu perguruan dapat di lihat di website BAN-PT.

BACA JUGA:

Akreditasi Jurusan yang akan kamu pilih
Selain akreditasi PTS, kamu juga mesti mencari tahu akreditasi jurusan yang kamu pilih. So, pastikan akreditasi jurusannya baik. Akreditasi jurusan juga dapat di lihat di website BAN-PT.

Peringkat PTS
Peringkat juga hal yang sering diabaikan orang, karena dirasa kurang begitu penting. Semakin tinggi peringkat perguruan tinggi, tentu kualitas juga semakin bagus. Carilah peringkat PTS pilihan di beberapa waesite, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU dan lainya.

Usia PTS dan Alumninya
Semakin tua suatu PTS dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut memilki citra yang baik di mata masyarakat. Dan yang pasti, akan semakin banyak pula lulusan atau alumninya.

Besaran Biaya Kuliah
Biasanya kualitas menentukan harga. Nah, kamu juga mesti mempertimbangkan biaya kuliah di PTS pilihan kamu. Jangan sampai kamu terhenti kuliah lantaran masalah biaya. Jika memungkinkan, carilah beragam beasiswa untuk mengamankan kantong kamu.

Lokasi PTS
Lokasi PTS juga akan menentukan biaya. Sebaiknya carilah PTS yang dekat dengan tempat tinggal kamu. Jika memang tak ada, baru cari yang berada di luar kota. Tapi, kamu mesti memperhatikan kondisi keuangan keluarga.

Jangan tertipu iklan PTS
Jangan mudah tergiur dengan beragam iklan yang ditawarkan oleh PTS. Carilah informasi sebanyak mungkin melalaui berbagai media. Pastikan bahwa iklan sebuah PTS bukan tipuan belaka.

So, itulah beberapa tips bagi kamu yang memilih kuliah di PTS. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*