5 Tips Agar Puasa si Buah Hati Menyenangkan




Puasa di Bulan Ramadhan Buat Si Buah Hati
Ilustrasi Puasa di Bulan Ramadhan buat Si Buah Hati

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengajak si Buah Hati menjalankan ibadah puasa perlu tips khusus. Terlebih, putra-putri kita itu tentu masih cenderung mengikuti teladan yang sudah dewasa dan secara fisik belum sekuat orang dewasa.

BACA JUGA:

Nah, biar puasa si Buah Hati berlangsung mulus dan menyenangkan, sebaiknya simak 5 tips berikut ini:

  1. Sesuaikan dengan usianya
    Tentu tidak mungkin “memaksa” si Buah Hati menjalankan puasa full kayak orang dewasa. So, puasa buat di Buah Hari bisa dimulai dengan puasa setengah hari dan terus meningkat secara bertahap sesuai kemampuannya.
  2. Libatkan dalam menyiapkan menu berbuka
    Menjelang berbuka biasanya Si Buah Hati tak sabar menunggu waktu berbuka, apalagi perut sudah keroncongan. Oleh sebab itu, ajak si Buah Hati menyiapkan menu berbuka untuk menghabiskan waktu.
  3. Isi hari dengan berbagai aktivitas
    Puasa setengah hari atau pagi sampai saat berbuka akan terasa membosankan dan lama bagi si Buah Hati jika tidak ada aktivitas yang menyenangkan. Oleh sebab itu, siapkan lah berbagai aktivitas yang bisa ia lakukan seperti bermain, berkreasi atau mengikui program Ramadan khusus anak-anak.
  4. Sahur menu bergizi dengan tidak berburu-buru
    Tidak biasa makan pada saat jam-jam sahur bagi si Buah Hati memang tidak sepele. Apalagi, ritme tubuh pada jam-jam segitu biasanya si Buah Hati sedang pulas-pulasnya. So, pastikan menu sahurnya kaya nutrisi dan tentunya makan dengan perlahan serta nggak usah buru-buru. Jangan lupam segelas susu saat sahur juga dapat melengkapi nutrisinya dan memberikan energi bagi Si Buah Hati.
  5. Berikan hadiah kecil
    Biar makin menyenangkan, tak ada salahnya adahadiah buat si Buah Hati yang berhasil berpuasa supaya bisa menambah semangat puasanya. Tak perlu mewah, hadih paling mudah dan menyenangkan dalam kesehariannya menjalankan puasa yakni menyajikan makanan kesukaannya saat berbuka. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*