Gagal Masuk PTN, Jangan Galau, Masih Ada Peluang Ikuti SMMPTN-Barat 2019




Ilustrasi: Ujian Mandiri

JAKARTA, KalderaNews.com– Selain SNMPTN dan SBMPTN, masih ada kesempatan bagi kamu yang gagal lolos masuk PTN dengan mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat yang dibuka sampai 16 Juli 2019. SMMPTN-Barat 2019 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang digelar secara bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN-Barat).

Nah, perguruan tinggi yang teragbung dalam BKS PTN-Barat adalah: Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Andalas (UNANS), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (UNILA), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Samudera (UNSAM), dan Universitas Bangka Belitung (UBB).

Seleksi dalam SMMPTN-Barat 2019 akan didasarkan hasil ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan yang dilakukan di bawah koordinasi panitia SMMPTN-Barat.

BACA JUGA:

Syarat Pendaftaran

  • SMMPTN-Barat 2019 terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat serta paket C, dengan ijazah tahun 2017, 2018, atau 2019.
  • Khusus untuk UMRAH, UNJA, dan ISBI, SMMPTN-Barat 2019 terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C dengan ijazah lima tahun terakhir (2015, 2016, 2017, 2018, atau 2019), dan Paket C maksimal usia 25 tahun.
  • Khusus peserta yang memilih program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, ada ujian Berkemampuan Bahasa Inggris pada Sabtu 20 Juli 2019 di UPT Pusat Bahasa UNAND. Informasi lengkap cek di http://ukb.smmptn.unand.ac.id/.

Proses Pendaftaran

  1. Pendaftaran SMMPTN-Barat 2019 dilakukan secara online dimulai sejak tanggal 1 Mei 2019 sampai 16 Juli 2019. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di laman: https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.
  2. Pendaftar harus mengisi biodata singkat pada laman pendaftaran untuk mendapatkan Kode Pembayaran dan PIN yang dimulai 1 Mei 2019 hingga 12 Juli 2019.
  3. Setelah Kode Pembayaran diperoleh, proses pembayaran dapat dilakukan melalui bank mitra yaitu Mandiri, BNI, dan BTN. Tata cara pembayaran dapat dilihat di laman: http://smmptnbarat.id/tata-cara-pembayaran.html.
  4. Khusus peserta yang mengikuti SBMPTN 2019, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor tes SBMPTN 2019 pada kolom yang disediakan.

Jenis Ujian

  1. Ujian tulis (UTBC): terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum). Kamu dapat mengikuti TKPA ditambah TKD Saintek, TKD Soshum, atau campuran (TKD Saintek dan TKD Soshum)
  2. Ujian keterampilan, untuk peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

Biaya Ujian

  1. Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada materi uji keterampilan) sebesar Rp 350.000.
  2. Biaya registrasi dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok campuran dan kelompok Saintek atau Soshum yang ada materi uji keterampilan dan/atau materi ujian berkemampuan Bahasa Inggris sebesar Rp 500.000.
  3. Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang telah ditetapkan melalui Bank yang ditetapkan.
  4. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Jadwal Ujian
Ujian tulis (UTBC) dilaksanakan Kamis, 18 Juli 2019. Ujian keterampilan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2019.

Tempat Ujian
Tempat ujian peserta SMMPTN-Barat 2019 adalah di PTN pilihan pertama. Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan panitia di masing-masing PTN peserta program seleksi SMMPTN-BARAT 2019. Lokasi ujian keterampilan dilakukan di PTN tempat ujian tulis, dan bila tidak tersedia, maka dilakukan di PTN terdekat, dengan biaya transportasi ditanggung peserta.

So, untuk informasi lebih detail kamu bisa buka laman resmi SMMPTN-Barat 2019 di http://smmptnbarat.id/. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*