Inilah 6 Tips Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Ilustrasi: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

JAKARTA, KalderaNews.com– Ingin kuliah ke luar negeri? Jika ingin, kamu mesti mempersiapkan diri dengan matang. So, berikut ini 6 tips yang bias kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kuliah ke luar negeri:

Pilih program studi dan negara tujuan
Sebelumnya, kamu mesti menentukan pilihan program studi dan negara yang hendak dituju. Tentu kamu mesti menyesuaikan dengan prestasi akademis serta budget yang kamu miliki. Untuk mencari informasi tentang hal itu, tak perlu bingung, lantaran saat ini, kamu bias mencari informasi secara online. Nah, kalau soal budget, kamu bisa berburu beasiswa. Banyak kok peluang beasiswa yang bisa kamu raih.

Penuhi semua persyaratan
Jika sudah menetapkan pilihan program studi dan negara tujuan, tahapan berikut yang mesti kamu lakukan adalah memenuhi semua persyaratan. Jangan sampai ada yang tertinggal ya! Salah satu persyaratan yang harus kamu siapkan adalah bahasa. Hal ini penting, selain untuk berkomunikasi selama berkuliah, juga untuk memudahkan kamu berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kamu.

BACA JUGA:

Mendaftarkan diri
Selepas semua dokumen persyaratan terpenuhi, seperti hasil tes kemampuan bahasa dan akademis, ijasah yang telah diterjemahkan, statement of purpose atau esai singkat berisi niatmu berkuliah, serta dokumen lain lengkap, daftarkan diri kamu di universitas yang dituju. Perhatian pula periode pendaftaran dan aturan-aturannya. Maka, kamu mesti mencari informasi sedetail mungkin ya!

Tunggu Letter of Acceptance (LOA) dan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies
Setelah mendaftarkan diri, kamu tinggal menanti Letter of Acceptance (LOA), yakni surat penawaran dari universitas yang berisi rincian biaya, program yang mau diambil, serta periode studi. Tanda tangani LOA jika kamu setuju dengan ketentuan yang berlaku. Selepas itu, kamu harus menyiapkan biaya pendidikan sekaligus asuransi kesehatan serta biaya akomodasi. Nah, setelah semua dibayar, kamu akan mendapatkan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies yang menyatakan kamu sudah diterima.

Siapkan akomodasi
Kalau kamu memilih untuk tinggal di apartemen yang disediakan kampus tujuan, maka kamu harus segera mengurus visa. Namun jika tidak, kamu mesti mencari tempat untuk tinggal selama kuliah di negara tujuan. Selain itu, kamu juga mesti mulai mempelajari moda transportasi, makanan, serta budaya di negara tujuan.

Siapkan visa pelajar
Berikutnya, kamu mesti segera membuat mengurus visa pelajar. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan segala dokumen yang mesti dibawa seperti paspor, akte dan ijasah yang sudah diterjemahkan, Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies, dan bukti pelunasan biaya pendidikan, asuransi, akomodasi, dan beberapa dokumen pendukung lain.

So, itulah 6 tips untuk kamu yang sedang mempersiapkan kuliah ke luar negeri. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*