Inilah Alasan Kamu Pilih Jurusan Bahasa di SMA

ilustrasi: Pilih Jurusan Bahasa

JAKARTA, KalderaNews.com –  Jurusan bahasa di SMA dari dulu selalu dipandang sebelah mata. Lantaran sepi peminat, bahkan ada SMA yang tidak memiliki jurusan bahasa. Siswa lebih banyak memilih jurusan IPA atau IPS. Padahal, jurusan bahasa tak kalah bagus dari IPA atau IPS. Nah, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus pilih jurusan bahasa:

Tak hanya belajar karya sastra
Ada pandangan bahwa jurusan bahasa hanya mempelajari karya-karya sastra saja. Memang sastra menjadi salah satu materi dalam jurusan bahasa. Tapi tidak hanya berkutat di situ saja. Untuk bisa memahami sebuah karya juga dibutuhkan ilmu-ilmu lain, seperti sosiologi, psikologi, ekonomi, hukum, dan yang lain. Di jurusan bahasa, kamu juga akan mempelajari aneka bahasa asing yang bisa menjadi modal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan saat bekerja kelak.

BACA JUGA:

Bekal bekerja
Kemampuan berbahasa bisa menjadi modal untuk menatap masa depan. Bahkan saat ini, penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang selalu menjadi syarat utama bekerja di sebuah perusahaan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga menjadi modal ketika kamu kuliah nanti. Apalagi berhadapan dengan diktat-diktat yang menggunakan bahasa asing. Kecakapan berbahasa selalu menjadi nilai tambah bagi seseorang.

Jauh dari angka
Jurusan bahasa agak jauh dengan pelajaran hitung-hitungan, tidak seperti jurusan IPA atau IPS. Namun bukan berarti jauh sama sekali. Karena kemampuan berhitung juga diperlukan dalam mempelajari karya sastra.

Saingan tidak banyak
Jurusan bahasa selalu sepi peminat dari dulu sampai sekarang. Coba tengok, berapa teman kamu yang memilih IPA dan IPS? Bandingkan dengan yang memilih jurusan bahasa. Bisa dipastikan mereka yang memilih jurusan bahasa jumlah paling sedikit. Bahkan kadang, karena tidak memenuhi kuota, sekolah tidak membuka jurusan bahasa. Nah, karena jumlah peminat sedikit, maka saingan tak terlalu berat. Lantaran saingan tak berat, kamu bisa menunjukkan prestasi di jurusan bahasa dengan maksimal.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu mesti memilih jurusan bahasa. So, tertarik? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*