Lebaran Sudah Dekat, Ingin Belanja Online, Cek 5 Tips Ini




Ilustrasi: Belanja Online

JAKARTA, KalderaNews.com –  Lebaran sudah kian dekat. Kamu mesti akan belanja untuk berbagai keperluan merayakan Lebaran. Daripada berpanas-panas ria dan berdesak-desakan di pasar, saat ini ada banyak pilihan untuk berbelanja secara online. Nah, untuk menjaga keamanan online shopping pada masa jelang Lebaran, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

Pilih Online Shop Terpercaya
Bagaimana cara untuk mengetahui reputasi toko online? Kamu tentu perlu mengecek testimoni dari para pembeli untuk memastikan toko tersebut terpercaya. Toko online yang terpercaya pasti akan mencantumkan testimoni pembeli untuk meyakinkan calon pembeli. Sebagian situs belanja online juga menyediakan fitur pemberian rating bagi tiap pemilik lapak. Produk yang sesuai dengan keterangan yang dicantumkan tentu mendapat rating tinggi pada toko online itu.

Teliti Sebelum Membeli
Selain mengecek testimoni atau rating, pastikan kamu telah memahami deskripsi produk dengan baik, seperti bahan, ukuran atau berat, serta variasinya. Tak jarang, kesalahan dalam belanja online berasal dari kesalahan si pembeli. Kesalahan yang sering dilakukan pembeli adalah kurang teliti saat membaca deskripsi atau tidak melakukan pengecekan saat membuat pesanan.

BACA JUGA:

Jangan Tergoda Produk Murah
Selain memastikan keamanan dalam bertransaksi di sebuah toko online, kamu juga perlu meneliti dengan detail deskripsi produk agar terhindar dari upaya penipuan. Jangan pula tergiur dengan produk-produk yang dibanderol harga murah. Cek dan ricek dengan cermat produk yang hendak kamu beli. Jangan lantaran murah, tapi berujung penipuan, uang kamu pun bisa menguap tanpa sisa. Maka, jika hendak belanja secara online, rencanakan masak-masak.

Bijak Bertransaksi
Jika hendak melakukan transfer pembayaran secara online, pastikan jaringan internet aman, atau tidak mudah diretas. Setelah transaksi berhasil, jangan buang bukti transaksi tersebut. Lantaran jika terjadi persoalan dengan transaksi tersebut di kemudian hari, kamu masih memiliki bukti transaksi. Bijak dan berhati-hatilah dalam bertransaksi secara online.

Siapkan Rencana Hadapi Penipuan
Meskipun kamu tidak mau tertipu dalam berbelanja online, namun kamu harus bersiap menghadapi risiko tersebut. Nah, jika kamu memang sering berbelanja secara online, mungkin sekarang saatnya untuk menyimpang nomor-nomor kontak bank dan kantor kepolisian. Sehingga, ketika kamu tertimpa kasus penipuan, bisa segera dilaporkan.

Cus, itulah beberepa tips agar kamu aman dalam berbelanja secara online jelang Lebaran ini. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*