Mengantuk Kala Belajar, Simak Tips Ampuh Ini!

Ilustrasi: Mengatasi Kantuk saat Belajar

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu sering mengantuk saat belajar? Pasti mengganggu banget ya. Terus bagaimana cara kamu mengatasinya? Kalau belum mendapatkan “obat” anti kantuk, simak tips cara ampuh atasi rasa kantuk berikut ini:

Mendengarkan lagu favorit
Bisa jadi ini salah satu cara ampuh untuk mengatasi kantuk kamu saat belajar. Putarlah lagu favorit kamu saat belajar atau di sela-sela waktu belajar. Pilih lagu yang membuat kamu semangat ya, agar motivasi belajar kamu meningkat.

Peregangan kecil
Salah satu penyebab mengantuk biasanya karena badan yang kurang bergerak. Maka, mulailah melakukan peregangan tubuh selama lima sampai sepuluh menit, sampai badan kamu terasa lebih nyaman untuk belajar lagi.

BACA JUGA:

Minum kopi
Bagi beberapa orang, minum kopi menjadi salah satu cara mengusir rasa kantuk. Secangkir kopi bisa menjadi teman belajar kamu. Tapi tentu ada batasan minum kopi, jangan terlampau banyak.

Cahaya terang
Pencahayaan ruang belajar harus dibuat terang, agar mata kamu tidak cepat lelah. Maka, pasanglah lampu belajar dengan cahaya yang terang.

Waktu belajar yang tepat
Setiap orang tentu memiliki waktu belajar yang berbeda, bias pagi, siang, sore, atau malam. Maka, pilihlah waktu belajar yang tepat dan nyaman bagi kamu. Yang penting, kamu bisa tetap fokus dalam belajar.

Jangan bersandar
Duduk bersandar, apalagi tiduran bisa membuat kamu cepat mengantuk. Maka, biasakan belajar dengan posisi duduk yang tegak.

Cuci muka dengan air dingin
Jika kamu sudah merasa rasa kantuk menyerang, segeralah membasuh muka kamu dengan air dingin. Air dingin akan membuat muka, terutama mata kamu lebih segar.

Makan permen
Saat mengunyah sesuatu, otot-otot di rahang akan aktif bergerak. Dan tanpa sadar, hal itu akan membuat otak lebih berkonsentrasi, sehingga mengurangi rasa kantuk. Mengunyah permen juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kantuk.

Nah, mana yang cocok buat kamu? Silakan dipilih saja tips tersebut untuk mengatasi rasa kantuk kamu di kala belajar. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*