Mengulik Program MBG dan Kelemahan Fitur Besutan Extramarks




Fitur Extramarks Indonesia
Tools materi mata pelajaran di Extramarks (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Extramarks Indonesia meluncurkan program Money Back Guarantee (MBG) di Jakarta pekan ini, Kamis, 2 Mei 2019. Program berbayar ini berlaku untuk pelanggan yang memilih paket “Kelas Pintar” dan berlangganan selama 12 bulan.

Diketahui, Extramarks dengan Total Learning Ecosystem mendukung kesuksesan murid dalam pendidikan anak, kurikulum pendidikan, proses belajar-mengajar, beserta murid, orang tua, guru dan sekolah ada di dalam platform yang sama.

Country Manager Extramarks Indonesia, Fernando Uffie dalam keterangan pers yang diterima KalderaNews mengatakan program ini bisa membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran dan meningkatkan nilai siswa.

BACA JUGA:

Dengan memilih program ini pelanggan bisa mendapatkan akses semua mata pelajaran sesuai dengan kelas yang dipilih dan terutama memperoleh jaminan nilai naik pada mata pelajaran tertentu.

Namun jika dalam periode yang telah ditentukan nilai rapor siswa lebih rendah dari nilai pencapaian belajar menggunakan Extramarks maka biaya berlangganan akan dikembalikan sepenuhnnya.

Syarat dan ketentuan klaim program MBG berlaku untuk pelanggan yang telah menyelesaikan minimal 40 persen progress belajar (Learn, Practice & Test) pada semester pertama.

Extramarks Indonesia
KI-KA: Country Manager of Extramarks Indonesia, Fernando Uffie, Brand Ambassador Extramarks, Donna Agnesia dan Head of Product & Solution Extramarks Indonesia, Dedy Ariansyah saat peluncuran program Money Back Guarantee (MBG) Extramarks di Jakarta pekan ini, Kamis, 2 Mei 2019 (KalderaNews/Ist)

Jika selama periode tersebut peserta didik mendapatkan rata-rata nilai ulangan harian (SD) atau nilai rapor semester (SMP dan SMA) di bawah nilai yang dijamin Extramarks maka siswa berhak untuk melakukan klaim sebesar 50 persen dari biaya berlangganan dan layanan Extramarks akan otomatis terhenti.

Tapi jika siswa memutuskan untuk melanjutkan hingga satu tahun penuh dan telah menyelesaikan 80% progress belajar maka siswa berhak untuk melakukan klaim sebesar 100 persen dari biaya berlangganan, jika rata-rata nilai ulangan harian (SD) atau nilai rapor semesternya (SMP dan SMA) di bawah nilai yang dijamin Extramarks.

Kelemahan Fitur Extramarks

KalderaNews pun tertarik mengekplore sejumlah fitur yang ditawarkan di dashboard yang disedikan Extramarks. Platform “digital learning” ini menawarkan fitur mata pelajaran, jadwal, catatan, guru/mentor, tugas, rapor, dan sebagainya.

Secara kualitas, misalkan dari sisi materi pelajaran, KalderaNews mendapati materi disampaikan cukup baik dan variatif dalam 3 proses yakni learn, practice dan test, misalkan saja fitur learn yang disampaikan secara animatif dengan pengisi suara.

Fitur Extramarks Indonesia
Tools penyampaian materi mata pelajaran di Extramarks (KalderaNews/JS de Britto)

Namun sayangnya, penutur materi pelajar terkesan kaku dan kurang menyapa. Kita sebagai pengguna memang benar-benar sedang berhadapan dengan mesin.

Karenanya, baik juga dipikirkan suatu pendekatan penyampaian materi pelajaran yang memang dekat dengan bahasa milenial (Red: kebetulan materi yang dieksplore KalderaNews materi Kelas X).

Pada dasarnya kesederhanaan bahasa menentukan mudah tersampaikan tidaknya suatu materi. Mata pelajaran perlu disampaikan dengan bahasa yang membumi dan mudah dimengerti ala anak milenial. Secara tampilan animasi, materi sudah tersaji dengan baik, tinggal penyampaian audio (voice) yang perlu dikaji ulang. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*