Mudik Asyik Sambil Baca Buku




Ilustrasi: Pembagian Buku Gratis Saat Mudik

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan Perpustakaan Nasional RI berbagi buku bacaan gratis kepara para pemudik melalui program “Mudik Asyik Baca Buku”. Pembagian buku secara cuma-cuma ini dilakukan di pusat-pusat keberangkatan para pemudik. “Harapannya, para pemudik mendapatkan hiburan dengan membaca buku selama perjalanan ke kampung halaman,” kata Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud, Dadang Sunendar, usai membagikan buku bacaan gratis di Stasiun Kereta Api, Gambir, Jakarta, seperti dikutip dari laman kemdikbud.go.id.

BACA JUGA:

Buku-buku gratis tersebut dibagikan selama tiga hari, 27-29 Mei 2019 di lima titik di Jakarta, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Kalideres, dan Terminal Bus Pulo Gebang. Sebanyak seribu buku dibagikan kepada para pemudik di masing-masing titik tersebut. Selain buku, juga dibagikan 500 cakram digital berisi lagu-lagu Nusantara.

“Dengan buku bacaan gratis yang dibagikan itu, kami berharap dapat memberikan manfaat bagi keluarga di kampung halaman,” ucap Dadang Sunendar.

Sementara Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina mengatakan, program bagi-bagi buku bacaan gratis yang baru pertama kali dilakukan ini, merupakan upaya mendukung Gerakan Literasi Nasional. “Kegiatan ini sangat mendukung gerakan literasi. Dengan kegiatan bagi-bagi buku bacaan gratis ini dapat mendorong buku tersebar hingga ke pelosok,” tutur Rosidayati. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*