Seleksi Mandiri PTN Syaratkan Esai, Simak Cara Menulisnya




Ilustrasi: Menulis Esai

JAKARTA, KalderaNews.com –  Beberapa universitas, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, mensyaratkan agar peserta menulis esai dalam seleksi mandirinya. Jangan bingung dulu! Di beberapa negara maju, menulis esai sudah menjadi hal yang lazim dilakukan dalam penerimaan mahasiswa baru. Biasanya, esai untuk seleksi masuk perguruan tinggi tak hanya menulis tentang semua hal yang telah dan sedang dilakukan sang penulis, tetapi juga tentang cara pandang terhadap suatu hal, atau juga memuat motivasi, cita-cita, serta tujuan yang hendak dicapai di masa mendatang.

Nah, bagaimana agar esai yang kamu tulis itu menarik? Ikuti beberapa tips menulis esai berikut ini:

Perhatikan tema atau topik yang diminta
Tahap pertama yang mesti kamu perhatikan adalah tema atau topik yang diminta dengan baik. Biasanya tema yang diminta spesifik, tapi tetap berkaitan dengan hal-hal besar yang sedang terjadi. Upayakan kamu menulis yang sesuai dengan tema yang diminta. Untuk itu kamu mesti lebih banyak membaca agar memiliki cukup wawasan tentang banyak hal. Bahan bacaan bisa berupa buku, majalah, surat kabar, atau artikel-artikel online. Untuk membantu kamu menulis esai, buatlah kerangka besar esai, bisa dalam bentuk sub-sub judul. Setelah itu, masukkan beberapa ide dalam sub-sub judul tersebut. Hal ini agar kamu tidak melenceng dari tema besar yang diminta.

BACA JUGA:

Tunjukkan karakter dan minat
Ceritakanlah kisahmu dengan penuh semangat dan mengesankan. Sebutkan pula kegiatan seperti magang atau kursus atau kegiatan sosial yang pernah kamu lakukan. Kaitan kegiatan kamu itu dengan pilihan jurusan kamu. Paparkan pula alasan-alasan kamu memilih universitas dan jurusan kuliah. Dalam memaparkan alasan ini, sebaiknya juga dikaitkan dengan ide-ide besar yang sedang berkembang dewasa ini.

Harus otentik dan jujur
Esai untuk seleksi masuk universitas biasanya harus spesifik berkaitan dengan diri sendiri, maka isinya pun harus otentik atau original. Maka, kamu harus menulis tentang dirimu yang sebenarnya, bukan meniru esai atau pemikiran orang lain. Pengalaman pribadi yang disertai dengan pemaknaan atas pengalaman itu akan membuat esai kamu berbeda dengan yang lain. Mungkin pengalaman sama, namun memaknai sebuah pengalaman tentu bisa berbeda antara satu pribadi dengan pribadi yang lain.

Menggunakan aturan penulisan yang baik dan benar
Tulis esai dengan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca yang benar. Tunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa yang sudah siap kuliah. Setelah selesai menulis, cek kembali hasil tulisan kamu untuk menghindari kekeliruan penulisan, penggunaan kata atau tanda baca yang kurang tepat.

Untuk menghasilkan esai yang maksimal, kamu mesti rajin menulis dan mengasah kemampuan berbahasa dengan membaca. Wawasan dan kosa kata kamu pun akan semakin luas dengan banyak membaca.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu bias menulis esai dengan mudah. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*