Simak Tips Mudik Lebaran Ala Anak Kos

Ilustrasi: Mudik Lebaran

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen terbaik untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Nah, sebagai anak kos yang hidup merantau dan jauh dari orangtua, tentu momen Lebaran akan dimanfaatkan dengan baik untuk pulang kampung halaman. Maka, kamu mesti mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mudik. Yuk simak beberapa tips agar mudik kamu aman dan lancar:

Beli tiket jauh-jauh hari
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli tiket pergi dan pulang jauh-jauh hari sebelum mudik. Hal ini agar kamu lebih tenang dalam mempersiapkan mudik nanti. Dengan membeli tiket jauh-jauh hari, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sebagai anak kos, tentu harga menjadi pertimbangan pertama dalam membeli tiket, agar uang bulanan kamu tidak terkuras hanya untuk membeli tiket mudik.

Jaga kesehatan
Perjalanan yang jauh tentu membutuhkan daya tubuh yang sehat dan kuat. Kamu pasti tak mau perjalanan mudik kamu terganggu lantaran kesehatan kamu tidak fit. Maka, sebelum melakukan perjalanan mudik, kamu mesti menjaga kondisi kesehatan kamu agar tetap bugar, sehingga sampai di tujuan dengan nyaman.

BACA JUGA:

Jangan bawa barang berlebihan
Bawalah barang secukupnya. Jika memang tidak perlu, jangan dibawa. Perhitungan jumlah pakaian dan keperluan pribadi yang hendak kamu bawa dengan ruang tas kamu. Jika akan membawa oleh-oleh untuk keluarga, pertimbangankan pula ukuran dan beratnya. Jangan sampai barang bawaan kamu justru menghambat kamu dalam perjalanan mudik nanti.

Pastikan kos-kosan terkunci aman
Hal ini juga amat penting. Maka, sebelum berangkat mudik, pastikan pintu dan jendela kos-kosan kamu terkunci dengan aman. Jika perlu buatlah tambahan kunci pengaman. Selain itu, sebelum berangkat mintalah ijin kepada pemilik atau penjaga kos-kosan.

Waspada dalam perjalanan
Tetaplah waspada selama perjalanan mudik. Jagalah semua barang bawaan kamu agar tetap aman serta jangan mudah percaya dengan orang-orang yang baru dikenal selama perjalanan mudik.

Nah, itulah beberapa tips agar perjalanan mudik kamu aman dan lancar sampai tujuan. Selamat mudik! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*