Tips Bebas Lemas Saat Berpuasa

JAKARTA, KalderaNews.com –  Tetap beraktivitas saat menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan ini, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kamu. Berikut tips agar kamu bebas lemas saat berpuasa, meskipun beraktivitas seperti biasa:

Sahur Tak Terburu-buru
Selama puasa, biasakan menyiapkan menu sahur lebih awal. Sehingga kamu bisa bersantap sahur dengan tenang alias tak terburu-buru. Sahur yang terburu-buru akan membuat asupan makanan tidak maksimal. Dan ini juga akan membuat energi dari santap sahur akan cepat terkuras, sehingga kamu juga akan lekas lemas.

Seimbangkan Aktivitas dan Istirahat
Upayakan agar kamu tidak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, sehingga cepat letih. Selain itu, kamu juga mesti membuat jadwal istirahat siang. Istirahat dalam hal ini tidak melulu harus tidur lelap. Yang paling penting tubuh tidak dipaksa melakukan aktivitas yang membuat lelah.

BACA JUGA:

Hindari Makanan Cepat Saji dan Gorengan
Makanan cepat saji memang paling pas untuk menu buka puasa, apalagi kamu sibuk dengan beragam aktivitas. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kandungan gizi dalam setiap makanan yang kamu santap, entah saat sahur maupun berbuka puasa. Makanan cepat saji dan gorengan memang mudah didapat, praktis, dan tentu saja murah. Namun, kandungan gizinya tidak cukup untuk tubuh yang sedang berpuasa. Nah, selama puasa, sebaiknya kamu banyak mengkonsumsi sayur mayur, ikan segar, buah-buahan, dan biji-bijian, yang memiliki kandungan gizi banyak.

Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda mengandung diuretik dan asam yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga membuat kamu menjadi lebih cepat haus. Minuman bersoda juga sedikit sekali kandungan vitaminnya. Yang ada hanyalah kandungan gula yang tinggi, sehingga memicu kantuk dan membuat badan cepat lemas.

Minum Air Putih
Maka, minuman yang paling baik adalah air putih. Sebaiknya kamu minum dua gelas saat sahur dan buka, serta empat sampai lima gelas pada malam hari. Ini untuk mengganti cairan selama berpuasa, sehingga kamu tidak cepat haus dan lemas.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu bebas lemas selama bulan puasa. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*