5 Alasan Mengapa Orangtua Ingin Anaknya Sekolah atau Kuliah di Luar Negeri




Sepeda menjadi kendaraan alternatif yang banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa di Belanda
Sepeda menjadi kendaraan alternatif yang banyak dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa di Belanda (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kalian tahu nggak alasan mengapa orangtua ingin anaknya sekolah atau kuliah di luar negeri? Bukan karena tidak menghargai pendidikan dalam negeri atau tidak percaya dengan sistem pendidikan di Indonesia, tapi sebagai orangtua mereka ingin yang terbaik untuk anaknya.

Mereka ingin masa depan anaknya lebih baik dari orangtuanya. Meskipun hal tersebut akan membuat mereka menjadi lebih keras dalam bekerja, tapi setimpal dengan kehidupan anaknya kelak yang lebih baik.

BACA JUGA:

Selain itu, hal tersebut juga memuaskan hati mereka, karena dapat melihat anaknya wisuda dengan gelar serta almamater yang baik. Penasaran dengan pertimbangan-pertimbangan yang membuat orangtua menyetujui anaknya kuliah di luar:

  1. Memahami bahasa asing
    Dengan mengirimkan anaknya belajar di luar negeri, mereka berharap anaknya lebih mudah belajar bahasa asing atau bahasa dari daerah yang ditinggali. Karena meraka sadar bahwa bahasa merupakan pusat dari akses informasi.
  2. Memiliki Pengalaman internasional dan jaringan luas
    Dengan menempatkan anaknya kuliah di negara lain, orangtua berharap anaknya dapat mengenal orang baru dan memiliki networking yang lebih luas.
  3. Menjadi mandiri
    Kehidupan di luar negeri dengan budaya baru membentuk anak agar tidak mudah mengeluh dan merengek ke orangtua.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri anak
    Orangtua mengerti apabila anaknya kuliah di luar negeri akan meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi dan mudah berbicara depan orang baru serta mengeluarkan anak dari sifatnya yang introvert.
  5. Meningkatkan daya saing anak di level internasional
    Apabila anak dapat bersaing di negara lain maka secara tidak langsung anak dapat membangun kualitas diri untuk mempersiapkan diri di masa depan bersaing dengan level diatas nasional.

Itulah sejumlah pertimbangan mengapa orangtua mendorong kita untuk terus belajar sampai keluar negeri. Mereka ingin kita menjadi anak yang unggul dan berprestasi.

Di balik itu, banyak hal yang dikorbankan orangtua untuk kita. Makanya, kita harus bersungguh-sungguh dalam belajar, agar tiada kesia-siaan dalam usaha orangtua dan kita. Semangat belajar dan mengejar cita-cita sekolah hingga keluar negeri. (SW)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*