5 Fakta Masjid Istiqlal Jakarta




Ilustrasi: Masjid Istiqal

JAKARTA, KalderaNews.com – Masjid Istiqlal Jakarta telah menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Masjid yang berdiri megah di depan Katedral St Perawan Maria Diangkat ke Surga Jakarta ini, selain menjadi penanda kerukunan umat beragama di Indonesia, juga menyimpan beragam fakta unik. Nah, simak fakta tentang Masjid Istiqlal berikut:

Istiqlal berarti merdeka
Nama Istiqlal diambil dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Masjid ini dibangun untuk menghormati para pejuang yang gugur memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu juga sebagai simbol untuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia yang diberikan Allah.

Masjid Istiqlal mulai dibangun pada peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW
Pemancangan tiang pertama dilakukan Presiden RI pertama Soekarno pada 24 Agustus 1961. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pembangunan Masjid Istiqlal tersendat karena situasi politik yang memanas saat itu. Pembangunan Masjid Istiqlal memakan waktu 17 tahun. Pada 22 Februari 1978, Presiden RI kedua Soeharto meresmikan Masjid Istiqlal.

BACA JUGA:

Arsitek beragama Kristen
Meskipun menjadi tempat beribadah umat Islam, Masjid Istiqlal ternyata dirancang seorang Kristen Protestan bernama Frederich Silaban. Pria kelahiran Sumatera Utara ini ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal pada 1955.

Masjid terbesar di Asia Tenggara
Masjid ini mampu menampung hingga 200 ribu jamaah dengan luas area masjid mencapai empat hectare. Ini membuat Masjid Istiqlal menjadi masjid terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga punya ornamen yang mengagumkan. Dinding dan lantai masjid berlapis marmer dengan ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Di atas terdapat kubah berdiameter 45 meter dengan 12 pilar dan 5.138 tiang pancang. Masjid Istiqlal memiliki tujuh pintu gerbang masuk, masing-masing pintu diberi nama berdasarkan Asmaul Husna.

Beduk raksasa seberat 2,30 ton
Masjid Istiqlal juga memiliki beduk raksasa yang dinobatkan sebagai bedug terbesar di Nusantara. Bedug ini memiliki panjang empat meter dan berat 2,30 ton. Bagian depan berdiameter dua meter, bagian belakang 1,71 meter, dan terbuat dari kayu Meranti merah dari pohon yang berumur 300 tahun yang diambil dari hutan di Kalimantan Timur.

Nah, itulah fakta-fakta unik Masjid Istiqlal. Merayakan Lebaran dengan berkunjung ke Masjid Istiqlal tentu akan memberikan manfaat dan sensasi tersendiri. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*