5 Tips Cerdas Agar Putra-putri Kita Tidak Kecanduan Gadget




Anak Kecanduan Gadget
Ilustrasi: Anak Kecanduan Gadget

JAKARTA, KalderaNews.com – Gadget gampang digunakan dan kadang justru dipakai orang tua untuk menenangkan putra-putrinya. Namun saking terlenanya, putra-putri kita tak bisa lepas dari yang namanya gadget? Putra-putri kita kecanduan gadget?

Mengenalkan gadget pada anak memang tidak salah, namun kalau justru membuat mereka kecanduan karena kelalaian kita itu baru menjadi masalah.

BACA JUGA:


So, bagaimana agar putra-putri kita tak sampai kecanduan gadget? Simak tips cerdasnya berikut ini:

  1. Batasi waktu penggunaan gadget
    Cara membatasinya yakni dengan membuatkan jadwal pemakaiannya. Jika usianya sudah cukup, ajak ia berdiskusi untuk menyepakati waktu menggunakan gadget. Misalnya, hanya di akhir pekan selama maksimal 1 jam.
  2. Awasi saat anak menggunakan gadget
    Solusi cerdas agar pemakaian gadget terkontrol, letakkan lah gadget di ruang keluarga dan bukan di kamar anak. Awasi saat dan selama putra-putri kita menggunakannya. Sesekali ikut main bersamanya atau tanyakan apa yang membuatnya tertarik menonton atau bermain permainan tersebut menjadi sarana efektif utuk mengontrol dan mengawasi mereka.
  3. Tetapkan waktu bebas gadget
    Ini yang tidak mudah, yakni menetapkan waktu bebas gadget seperti saat makan, saat berjalan di tempat umum dan saat sedang bermain dengan teman. Peraturan ini juga berlaku untuk orangtua karena putra-putri juga butuh keteladanan.
  4. Menggunakan aplikasi pada gadget sesuai usia anak
    Pastikan putra-putri kita menggunakan aplikasi atau menonton yang sesuai dengan usianya. Selain itu, jangan beri izin putra-putri kita untuk memiliki email maupun akun sosial media sebelum usianya cukup.
  5. Beri contoh yang baik
    Anak melihat, anak meniru. Jika Ayah dan ibunya ingin putra-putrinya menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif dan dengan cara yang tepat, berilah contoh untuk putra-putri seperti itu. So, gunakan gadget dengan cara yang tepat dan dalam porsi yang tepat pula.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*