6 Pengorbanan Orangtua Supaya Tetap Bisa Membiayai Kuliah Anaknya di Luar Negeri

Ilustrasi Kerja Lembur
Orangtua mencari sumber pendapatan lain karena mereka tahu kalau pendapatan sekarang tidak akan mencukupi kebutuhan anaknya yang sedang kuliah di luar negeri, seperti lembur (Foto: Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pernahkah terpikirkan tentang biaya kuliah yang besar dari orangtua itu datangnya darimana? Orangtua melakukan banyak pengorbanan demi kelancaran sekolah anak-anaknya. Kamu harus tahu itu!

Apapun dilakukannya agar bisa memberikan yang terbaik buat kita. Terlebih orangtua yang menyekolahkan kita hingga ke luar negeri, mereka banyak berkorban karena harus memikirkan tentang biaya kuliah, transportasi, biaya hidup, hingga kurs mata uang beda negara.

BACA JUGA:

Kemudian, mereka juga harus memutar otak agar bisa menghemat segalanya demi anaknya. Berikut ini 6 pengorbanan mereka untuk pendidikan kita:

  1. Mengurangi kesenangan
    Kesenangan sudah tidak lagi menjadi prioritas, bahkan mereka terkadang melupakan kesenangan. Hal tersebut dilakukan untuk mengalihkan pos pendanaan dari kesenangan mereka ke dana pendidikan anak.
  2. Mengambil pekerjaan tambahan
    Mereka harus berpikir lebih untuk mencari sumber pendapatan lain karena mereka tahu kalau pendapatan sekarang tidak akan mencukupi kebutuhan anaknya yang sedang kuliah di luar negeri. Tak jarang, mereka mau kerja lebur.
  3. Mengubah gaya hidup
    Gaya hidup hemat harus mereka terapkan. Pengeluaran kecil seperti parkir atau transportasi ke kantor mereka ubah menggunakan transportasi umum bulanan agar lebih hemat.
  4. Mencari hiburan hemat
    Mereka juga manusia yang butuh hiburan di setiap penatnya kehidupan. Tapi hiburan yang murah bahkan gratis adalah keharusan untuk mereka seperti hanya berjalan di taman kota atau berlari di sekitar komplek.
  5. Mengurangi hobi dan waktu pribadi
    Kesenangan saja sudah disampingkan oleh mereka, apalagi hobi yang disukai. Mereka banyak menghabiskan waktu hanya untuk mencari pendanaan untuk kita.
  6. Meminjam uang
    Ketika kita meminta uang kepada mereka dengan jumlah yang lumayan dan butuh cepat, tidak ada pilihan lain selain meminjam ke saudara ataupun orang yang dianggap mampu membantu. Mereka juga mengesampingkan ego untuk berani meminjam uang dan memasang muka tembok kepada peminjam.

Ini adalah pengorbanan orangtua untuk anaknya. So, kita harus bersyukur memiliki mereka dan harus makin sayang. Kewajiban kita sekarang adalah menggunakan rezeki dari mereka untuk keperluan kita agar cepat lulus. Good Luck Guys. Tetap semangat, bersyukur dan buatlah orangtua kita bangga dengan apa yang kita lakukan. (SW)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*