Hari Anti Narkoba, Berikut Tips Menghindari Narkoba




Ilustrasi: Anti Narkoba

JAKARTA, KalderaNews.com –  Hari ini, 26 Juni ditetapkan sebagai peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Peringatan ini untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, serta mengingatkan masyarakat agar menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal. Nah, bagaimana sejarah Hari Anti Narkotika Internasional?

Penetapan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Internasional dicanangkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 26 Juni 1988. Tanggal ini dipilih dengan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok. Lin Zexu adalah pejabat yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Ia terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing.

BACA JUGA:

Kala itu, Lin Zexu melihat negaranya semakin terpuruk karena harta negara terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang, dan ada ketergantungan akan opium. Maka, Lin bertekad menumpas obat terlarang. Usahanya ini akhirnya memicu Perang Candu antara Tiongkok dan Inggris. Kaisar Daoguang pun memanggil Lin Zexu untuk membahas penerapan larangan terhadap perdagangan opium. Di hadapan Kaisar, ia menegaskan bahwa opium harus dilarang karena konsumsinya menghabiskan kekayaan negara.

So, untuk mengenang perjuangan Lin Zexu itu, kita pun harus berupaya keras menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara illegal. Berikut ini tips untuk mengatakan tidak pada narkoba:

  • Selektif dalam pergaulan yang memiliki perilaku positif.
  • Hindari keluar malam, karena pergaulan bebas pada malam hari bisa memicu tingginya perilaku menyimpang, termasuk penggunaan narkoba.
  • Berbakti pada orangtua.
  • Fokus pada hal-hal positif dengan melakukan kegiatan yang mengundang kebaikan bagi diri sendiri dan sekitar.
  • Jangan takut kehilangan teman, terutama teman yang berpotensi akan mengajak menggunakan narkoba.
  • Selesaikan masalah kamu dan jangan menjadikan narkoba sebagai pelarian atas setiap masalah.
  • Fokus pada masa depan dengan melakukan aktivitas yang mengarah pada pencapaian cita-cita.
  • Jangan sekali-sekali pernah nencoba narkoba, karena narkoba memiliki efek kecanduan.
  • Nikmati kebersamaan dalam keluarga menjadi cara agar kamu terhindar dari paparan narkoba.

Nah, itulah sejarah Hari Anti Narkotika Internasional yang kita peringati hari ini. Sekali lagi, katakana tidak pada narkoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*