Ingat, Pendaftaran SBMPTN 2019 Ditutup 24 Juni, Simak Update Informasi Ini!

Ilustrasi: SBMPTN 2019

JAKARTA, KalderaNews.com–  Kamu sudah mendaftar SBMPTN? Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan ditutup pada Senin, 24 Juni 2019. Meskipun masih ada kesempatan, tapi yang mendaftar telah mencapai ribuan peserta. Sampai 17 Juni 2019, sudah sebanyak 372.534 peserta yang tercatat mendaftarkan diri. So, persaingan akan amat ketat.

BACA JUGA:

Nah, ini beberapa informasi yang dirangkum dari laman resmi LTMPT yang wajib kamu update agar tak ketinggalan:

  • Nilai UTBK terdiri dari nilai TPS dan TPA Saintek untuk peserta Saintek, dan nilai TPS serta TKA Soshum untuk peserta Soshum. Nilai UTBK peserta bersifat rahasia (hanya diberikan secara individu). Jadi seharusnya nilai ini tidak diberikan kepada siapapun yang tidak berkompeten. Bila ada pihak tertentu yang melakukan perangkingan UTBK, maka tidak menjadi tanggung jawab LTMPT.
  • Hingga saat ini, Rektor PTN, Wakil Rektor dan LTMPT tidak pernah mengeluarkan Passing Grade prodi maupun PTN. Maka, apabila beredar Passing Grade, maka dipastikan bukan dari LTMPT dan informasi tersebut bisa menyesatkan.
  • Penerimaan melalui jalur SBMPTN sangat tergantung dari beberapa hal yang di antaranya: Pilihan PTN, Pilihan Program Studi, Daya tampung/Kuota prodi, Jumlah peminat, Nilai UTBK, dan Keketatan prodi.
  • Beredar pula informasi tentang pembobotan sub-tes nilai UTBK agar bisa masuk atau memilih ke prodi tertentu di suatu PTN, dipastikan informasi tersebut tidak benar. Yang benar, sistem akan memilih secara otomatis nilai UTBK peserta yang terbaik dari komposisi nilai UTBK gelombang pertama atau paket 1 maupun nilai UTBK gelombang kedua atau paket 2 (bagi yang mengikuti tes 2 kali).
  • Diharapkan kepada peserta yang sudah memiliki nilai UTBK, baik yang UTBK sekali atau dua kali tetap mendaftar jalur SBMPTN, karena peluang diterima tetap terbuka. Namun, bagi peserta yang sudah lolos SNMPTN secara otomatis akan ditolak oleh sistem.
  • Seleksi SBMPTN 2019 dilakukan oleh masing-masing PTN bukan oleh LTMPT berdasarkan nilai UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh Rektor masing-masing PTN.
  • Sertifikat UTBK tahun 2019 hanya berlaku untuk pendaftaran PTN 2019 saja.
  • Mengingat waktu pendaftaran yang cukup panjang, mulai 10 sampai 24 Juni 2019 dan sudah disosialisasikan cukup lama, maka pendaftaran SBMPTN 2019 tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN adalah tanggal 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

Bagi para peserta juga diimbau agar selalu mencari informasi terkait SBMPTN melalui laman resmi LTMPT. Dan bagi kamu yang belum berhasil dalam SBMPTN, masih ada Jalur Mandiri di setiap PTN, atau masih bias melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi swasta (PTS). (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*