Jurusan Ini Sepi Peminat, Tapi Menjanjikan di Masa Depan

Ilustrasi: Jurusan Oseanografi

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu sudah menentukan jurusan kuliah? Jika belum, sebenarnya ada beberapa jurusan yang sepi peminat, namun memberikan peluang karir di masa depan. Jurusan apa saja ya? Yuk disimak!

Oseanografi
Seperti namanya jurusan ini memiliki kaitan dengan dunia laut. Nah, bukankah wilayah Indonesia didominasi luatan. Jurusan ini memang mempelajari berbagai aspek kelautan, mulai dari organisme laut, dinamika ekosistem laut, arus samudera, gelombang laut, hingga geologi dasar laut dan sebagainya.

Saat ini dan di masa mendatang, industri kelautan dan perikanan di Indonesia akan berkembang kian pesat. Maka, industri tersebut akan membutuhkan lulusan bidang oseanografi. Sebagai lulusan oseanografi, kamu bisa menjadi tenaga ahli di Kementerian Kelautan dan Perikanan, konsultan pariwisata, TNI AL, dan masih banyak lini karir lainnya.

BACA JUGA:

Astronomi
Astronomi juga termasuk jurusan yang sepi peminat, namun memiliki peluang karir yang cukup luas. Pada dasarnya, astronomi merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai macam hal tentang antariksa atau luar angkasa. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang planet, perbintangan, hingga fenomena luar angkasa.

Sebagai ahli astronomi, kamu akan memiliki kemampuan menganalisis fenomena antariksa. Selain itu, kamu juga bisa menganalisis dampak fenomena antariksa dengan fenomena di bumi. Sebagai lulusan ilmu astronomi, kamu bisa menjadi peneliti di berbagai instansi, seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga observatorium.

Aktuaria
Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan pada masa yang akan datang. Ilmu ini merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemograman komputer. Sebagai ahli ilmu aktuaria, kamu akan disebut aktuaris. Pekerjaan aktuaris adalah menganalisis risiko keuangan seseorang atau lembaga terkait kehidupannya di masa depan.

Sebagai aktuaris, kamu akan sangat dibutuhkan industri asuransi. Sebab, kamu memiliki kemampuan untuk menghitung potensi risiko keuangan yang dibutuhkan untuk data analisis asuransi keuangan. Selain sebagai aktuaris, lulus dari ilmu aktuaria akan memberikanmu kesempatan berkarir di bidang keuangan, seperti analis keuangan, konsultan keuangan, bahkan berkarir di dunia perbankan.

Ilmu Perpustakaan
Ilmu perpustakaan kerap dipandang sebelah mata. Padahal, jurusan ini memiliki kesempatan berkarir yang cukup luas dan terbuka. Di jurusan ini, kamu mempelajari berbagai macam tentang ilmu perpustakaan, mulai dari tata kelola perpustakaan, statistika, hingga ilmu komputer.

Saat ini, hampir di tiap perpustakaan atau lembaga membutuhkan seorang ahli perpustakaan atau pustakawan. Sebab, mereka membutuhkan orang yang mampu mengelola kearsipan. Nah, kamu akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari jurusan ini. Selain sebagai pustakawan, kamu bisa berkarir di bidang lain, seperti peneliti, konsultan pengarsipan, hingga sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Filsafat
Kata orang, filsafat adalah “ibu” dari semua ilmu atau dasar dari semua ilmu pengetahuan. Lulusan filsafat banyak dicari, lantaran mudah memahami ilmu-ilmu yang lain. Peluang karir dari lulusan filsafat seperti konsultan, pengamat sosial politik, penulis, wartawan, hingga peneliti. Bahkan, kamu bisa menjadi dosen dan PNS.

Tak hanya itu, kalau kamu ingin melanjutkan studi di bidang ilmu lainnya, berbekal ilmu filsafat, kamu bisa langsung memahami ilmu-ilmu yang dipelajari di jenjang magister atau doktoral. Hal itu lantaran semua ilmu di jenjang magister dan doktoral membutuhkan pemahaman ilmu filsafat sebagai pondasi pembelajaran.

So, itulah beberapa jurusan yang sepi peminat, tapi memiliki peluang karir yang luas di masa mendatang. Kamu tertarik yang mana? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*