Kemendikbud Gandeng TNI Tangkal Radikalisme




Ilustrasi: Say No to Radikalism

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan pembinaan karakter peserta didik dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Pembinaan itu rencana akan dilaksanakan untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA/SMK. “Kami mohon agar TNI bisa membentuk karakter para siswa, untuk memperkuat materi dasar siswa yang berkaitan dengan jiwa nasionalisme, bela tanah air, dan cinta tanah air,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy usai rapat koordinasi di Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019).

BACA JUGA:

Para prajurit, lanjut Mendikbud, akan diperdayagunakan selama dua minggu untuk sekolah yang ada di seluruh Indonesia, terutama sekolah yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Ia berharap, dengan pembinaan karakter yang dilakukan militer, dapat menumbuhkan sikap disiplin dan nasionalisme dalam diri siswa, sehingga para siswa tak mudah terpapar ideologi yang mengarah kepada keruntuhan bangsa.

Sementara, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menambahkan, materi ajar akan disandarkan pada empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini, imbuh Panglima Hadi, adalah untuk menyiapkan karakter siswa dalam menghadapi bonus demografi pada 2045. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*