Kuota Beasiswa Bidikmisi Bertambah Jadi 130 Ribu




Beasiswa Bidikmisi
Ilustrasi: Beasiswa Bidikmisi

JAKARTA, KalderaNews.com– Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berupaya meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi yang selama ini masih rendah, salah satunya dengan menambah kuota beasiswa, terutama bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin. Direktur Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti, Bunyamin Maftuh menuturkan, secara akumulasi saat ini jumlah mahasiswa jenjang sarjana mencapai jutaan jiwa. “Tapi, itu baru 34 persen dari populasi masyarakat usia kuliah,” ujarnya.

BACA JUGA:

Maka, untuk meningkatkan angka partisipasi yang masih 34 persen tersebut, Bunyamin menuturkan, salah satu caranya dengan menambah alokasi beasiswa kuliah, terutama beasiswa pendidikan untuk mahasiswa miskin berprestasi atau Bidikmisi. “Tahun ini, kuota Bidikmisi ditambah menjadi 130 ribu orang,” tegasnya.

Kuota 130 ribu orang itu murni untuk mahasiswa baru tahun akademik sekarang. Penambahan kuota Bidikmisi tersebut terbilang cukup drastis, lantaran pada 2018 kuota Bidikmisi hanya 85 ribu kursi. Bunyamin berharap kuota Bidikmisi tahun ini bisa terisi dengan maksimal dan tepat sasaran. Beasiswa Bidikmisi terbuka bagi mahasiwa baru jalur SNM PTN maupun SBM PTN. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*