Sensasi Rafting di Sungai Elo Magelang




Rafting di Sungai Elo
Sensari rafting di sungai Elo di Mgaleng, Jawa Tengah (KalderaNews/Natalia S.)

MAGELANG, KalderaNews.com – Rafting merupakan salah satu olahraga air yang cukup ekstrem. Hanya orang-orang tertentu yang memang benar-benar berani untuk bisa melakukan olahraga air tersebut, selain karena keberanian dan mental yang kuat, tempat yang dilakukan untuk olahraga ini pun cukup menguji adrenalin setiap pengunjung, dimana olahraga air ini dilakukan di sungai besar, dengan arus air yang cukup deras, kondisi sungai yang curam dan banyak bebatuan.

Salah satu wisata air yang cukup menguji adrenalin dan cocok untuk liburan keluarga adalah wisata air Sungai Elo, yang terletak di Magelang, tepatnya di Jl. Raya Borobudur KM.3, Selag, Pabelan, Mungkid, Ngaseman, Magelang, Jawa Tengah 56512.

Wisata air di sini menyediakan olahraga air tidak lain adalah rafting itu sendiri dan mini outbond. Untuk dapat menikmati wisata alam ini, pengunjung diharapkan untuk memesan terlebih dahulu (booking) paling tidak 1 hari sebelum terjun ke sungai untuk rafting.

BACA JUGA:

Wisata air yang terdapat di Magelang itu sendiri terdapat 4 paket dari yang sungainya landai sampai yang ekstrem, diantaranya Sungai Elo untuk pemula, Sungai Progo Atas, Sungai Progo Hulu, dan yang paling ekstrem adalah Sungai Progo Bawah.

Sedangkan untuk harga tergantung fasilitas yang ditawarkan. Harga di setiap paket pun bervariasi. Semakin ekstrem, pastinya semakin tinggi harga yang ditawarkan.

Keseluruhan harga yang ditawarkan maksimal Rp2.000.000. Itu yang sudah yang paling ekstrem dan full fasilitas. Sedangkan untuk jumlah orang di setiap boat (perahu karet) minimal 2 orang plus 1 pemandu dan maksimal 6 orang ditambah 1 pemandu.

Batasan umur untuk paket yang tidak terlalu ekstrem minimal berumur 5 tahun, sedangkan untuk paket yang ekstrem minimal berumur 10 tahun. Jadi tidak usah khawatir karena akan didampingi oleh pemandu yang sangat handal di bidangnya dan untuk paket yang ekstrem akan ditambah pemandu lagi yang khusus untuk menjaga keselamatan para pengunjung.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum terjun ke sungai, yakni peserta arung jeram diarahkan ke basecamp, tempat dimana semua barang-barang pribadi dititipkan. Setelah semuanya sudah siap, peserta diberangkatkan dengan mengendarai angkutan umum yang sudah disiapkan oleh petugas bersama satu pemandu yang akan memandu selama kegiatan rafting.

Rafting di Sungai Elo di Magelang
Sensari rafting di sungai Elo di Mgaleng, Jawa Tengah (KalderaNews/Natalia S.)

Sesampai di titik awal sungai, kami disuruh memakai peralatan rafting yang lengkap dan mendengarkan arahan yang sangat jelas dari pemandu rafting. Setelah semuanya sudah siap, mulailah olahraga air dilakukan.

Olahraga air yang dilakukan di Sungai Elo untuk pemula ini sangat berkesan dan membuat ketagihan untuk ingin mencoba lagi di sungai yang lebih ekstrem.

Olahraga air ini ternyata tidak semenakutkan yang dibayangkan. Justru selama rafting berlangsung, kami mengalami kegembiraan keseruan serta kepuasan tersendiri.

Selain didampingi oleh pemandu yang ramah, gokil, dan handal di bidangnya, kami disuguhi panorama alam yang masih sangat alami, sungai yang berkelok- kelok, arus sungai yang mempermainkan keseimbangan dan manuver olahraga air yang dilakukan oleh pemandu.

Tidak kalah menariknya lagi, pengunjung dijamin akan puas karena di pemberhentian rafting akan disajikan snack dan minuman segar alami yaitu kelapa muda yang akan menambah tenaga untuk tetap melaju menyusuri sungai sampai akhir, dengan catatan jika pesan paket yang dipilih full fasilitas.

Rafting di Sungai Elo di Magelang
Menikmati sensasi manuver boat saati rafting di sungai Elo di Mgaleng, Jawa Tengah (KalderaNews/Natalia S.)

Bagi yang ingin secara langsung menikmati kesegaran air sungai dapat terjun langsung untuk berenang dengan tetap mendengarkan instruksi dan arahan dari pemandu.

Sesampai di titik akhir sungai, kami tidak perlu lama lagi untuk menunggu angkutan yang mengantar untuk kembali ke basecamp. Angkutan sudah siap.

Sesampai di basecamp, selama para pengunjung membersihkan diri, petugas sudah menyiapkan santapan makan siang yang sangat segar dan tradisional dari daerah Jawa Tengah.

Yakin! Tidak akan nyesel rafting di Sungai Elo. Selain keindahan alamnya, keelokan sungainya, kesegaran airnya, terjaminnya perut, keamanan, dan keselamatan para peserta, sensasi petualangan ini bikin ketagihan dan membuat para pengunjung mendapatkan hal-hal yang sungguh sangat luar biasa. Selamat mencoba hal-hal yang baru dan menantang. Salam sang petualang. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*