Setelah UTBK, Simak Tips Pilih Jurusan Favorit




Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com– Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) 2019 sudah dilaksanakan dua gelombang pada April dan Mei lalu. Para peserta akan mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019. Pendaftaran dilakukan pada 10-24 Juni 2019. Hasilnya akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Peserta SBMPTN akan memilih jurusan di PTN favorit. Nah, kamu harus menerapkan strategi yang jitu agar bias lulus SBMPTN. Berikut beberapa tips agar kamu diterima di jurusan pilihan kamu:

Tentukan Pilihan
Kamu harus yakin pilihan jurusan. Sesuaikan dengan minat dan bakat kamu, agar kamu kian yakin dengan pilihan tersebut. Dalam menentukan pilihan jurusan, kamu bias mengajak diskusi orang-orang di dekat kamu, seperti orangtua, guru, rekan, atau kakak kelas. Namun, pilihan tetap ada di tangan kamu.

BACA JUGA:

Skor Tinggi
Pastikan skor kamu cukup agar bisa lolos di SBMPTN tahun ini. Maka, kamu mesti mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang skor minimal yang dibutuhkan. Informasi ini bisa kamu cari melalui berbagai laman resmi. Berhati-hatilah dalam mencari informasi ini, jangan sampai mendapati informasi yang tidak benar.

Tetapkan Prioritas
Jurusan pada pilihan pertama akan menjadi prioritas penentu, sementara pilihan kedua menjadi alternatif. Maka, tetapkan prioritas jurusan yang hendak kamu pilih. Jangan sampai kamu asal pilih, tanpa mempertimbangkan bakat, minat, dan kemampuan kamu.

Alternatif Lain
Jika kamu tidak lolos juga, jangan terlampau galau. Masih ada banyak alternatif yang bisa menjadi pilihan, misal meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi swasta (PTS). Ada banyak pilihan PTS yang tidak kalah kualitasnya dengan PTN.

So, itulah beberapa tips untuk kamu sedang menentukan pilihan jurusan kuliah. Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*