Tips Merawat Motor Matic Agar Awet

Ilustrasi: Merawat Motor Matic

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini, pengguna sepeda motor didominasi motor matic, mungkin termasuk kamu. Sebenarnya, perawatan motor matic tak jauh beda dengan motor jenis yang lain. Hanya saja, karena motor matic menggunakan teknologi injeksi, maka dalam perawatanya membutuhkan perhatian khusus. Nah, perhatikan tips berikut ini agar motor matic kamu tetap awet menemani setiap perjalanan kamu:

Jangan sampai kehabisan bahan bakar
Cek terus kondisi bahan bakar motor matic kamu, agar tidak kehabisan di tengah perjalanan. Jika sampai kehabisan tentu akan sangat membahayakan kondisi mesin.

Menjaga kecepatan tetap stabil
Kebiasaan para pengguna motor matic adalah mendadak menurunkan atau menaikkan kecepatan secara tiba-tiba. Hal ini bisa merusak masa umur mesin dan vanbelt motor. Maka, upayakan aggar berkendara dengan kecepatan yang stabil.

BACA JUGA:

Panasi motor sebelum berkendara
Hampir semua kendaraan bermotor dianjurkan untuk memanaskan kendaraan sebelum dipakai. Hal ini agar oli tercampur sempurna pada mesin. Pemanasan ini cukup lima sampai sepuluh menit. Nah, untuk memanaskan motor matic sebaiknya menggunakan kick starter agar tidak boros baterai.

Rutin ganti oli mesin
Lakukan pergantian oli mesin setiap dua bulan atau ketika mencapai 2000 kilometer. Proses ini untuk memastikan pelumasan di mesin dilakukan secara maksimal. Selain itu, oli shockbreaker juga diganti secara berkala.

Hindari beli bahan bakar eceran
Kemurnian bahan bakar menjadi tolak ukur, agar motor matic kamu tetap dalam kondisi baik. Maka, sebaiknya kamu mengisi bahan bakar di SPBU yang resmi. Hindari membeli bahan bakar eceran, karena kadar kemurniannya kadang diragukan.

Servis rutin di bengkel resmi
Keunggulan servis di bengkel resmi adalah penggantian suku cadang yang original. Selain itu, bengkel resmi juga dilayani oleh tenaga-tenaga yang telah terlatih menangani motor matic.

Rajin cuci motor
Mencuci motor berarti merawat. Mencuci motor matic secara rutin akan membuat komponen-komponen di dalamnya lebih awet.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat motor matic kamu agar awet dan dapat digunakan secara maksimal. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*