Yuk Intip Pendidikan Para Presiden Indonesia!

Ilustrasi: Para Presiden Indonesia
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com– Apakah pilihan jurusan kuliah akan menentukan karies di masa mendatang? Jawaban bisa iya, bisa juga tidak. Kadang pilihan jurusan kuliah tak berbanding lurus dengan karier. Nah, bagaimana dengan pilihan jurusan yang diambil para Presiden Indonesia? Yuk, intip faktanya!

Soekarno
Presiden pertama Indonesia ini merampungkan pendidikan setingkat SMA di HBS (Hoogere Burgerschool) Surabaya, lalu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Technische Hoogeschool te Bandoeng atau yang saat ini lebih dikenal Institut Teknologi Bandung (ITB). Presiden Soekarno mengambil jurusan kuliah Waterbowkunde atau tata bangunan air. Ia dinyatakan lulus pada 25 Mei 1926 sebagai seorang insinyur.

BACA JUGA:

Soeharto
Setelah lulus SMP, Presiden Soeharto sebenarnya sempat berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, tidak terlaksana akibat kendala ekonomi. Hingga pada 1942, ia melihat pengumuman penerimaan anggota Koninklijk Nederlands Indisce Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Belanda. Soeharto pun mendaftarkan diri dan diterima sebagai tentara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*