2 Cara Paling Gampang Cek Apakah Cairan dalam Tubuh Cukup Saat Musim Panas




ekurangan Cairan dalam Tubuh
Kekurangan Cairan dalam Tubuh (Foto: Karl-Josef Hildenbrand)

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat musim panas dimana suhu udara menjadi sangat panas seperti saat ini, kita harus minum air putih yang cukup. Hal ini sangat penting untuk kesehatan. Lantas bagaimana cara memeriksa apakah cairan dalam tubuh kita itu benar-benar cukup?

BACA JUGA:

Prof. Hanns-Christian Gunga dari Institut Fisiologi Berlin Charité menegaskan ada 2 cara paling mudah untuk mengetahui apakah kita cukup air dalam tubuh dengan cara sederhana:

  1. Timbang Badan
    Timbang badan saja di pagi dan sore hari lalu bandingkan hasilnya. Jika terdapat perbedaan satu atau dua kilo lebih sedikit pada sore hari dibanding sore hari itu menjadi tanda bahwa cairan dalam tubuh berkurang satu atau dua liter. “Anda harus mengisi di malam hari sehingga bisa masuk ke hari panas berikutnya dengan air yang normal,” kata Gunga.
  2. Cek Denyut Nadi
    Tanda lain bahwa kita terlalu sedikit cairan adalah denyut nadi. Jika denyut nadi meningkat tajam bahkan saat aktivitas fisik kecil, ini tanda nyata saatnya untuk minum air putih.

Secara umum, Gunga pun merekomendasikan minum air saat musim panas dengan porsi 1,5-2 liter (kira-8 gelas) sepanjang hari. Ia tidak menyarankan untuk minum es atau air dingin dan lebih menyarankan minuman hangat yang bebas alkohol. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*