Ini Penjelasan Kenapa Saat Musim Kemarau Justru Sangat Dingin pada Malam Hari




Cuaca dingin di malam hari saat musim kemarau
Cuaca dingin di malam hari saat musim kemarau (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Suhu dingin pada malam hingga dini hari saat musim kemarau sejatinya hal yang lumrah. Selain karena pada siang hari Bumi menyerap panas dan malam hari panas dilepaskan, fenomena dry intrusion atau intrusi udara kering juga sangat berpengaruh.

Fenomena dry intrusion mengakibatkan kita sering kedinginan pada malam hingga pagi hari saat musim kemarau. Dry intrusion bersifat dingin karena suhu udara di selatan Indonesia saat ini sedang sangat rendah dan pulau Jawa cukup terkena dampaknya.

Selain itu, saat ini posisi Indonesia sedang mengalami Monsuun Australia. Artinya, massa udara dari selatan dan angin cenderung timuran.

BACA JUGA:

Penyebab lainnya, kondisi langit cerah tanpa tutupan awan di Jawa saat ini juga dapat memaksimalkan pancaran gelombang Bumi pada malam hari dan menyebabkan suhu permukaan bumi relatif akan cepat turun dan lebih dingin dari biasanya pada malam hari di sebagian besar pulau Jawa.

Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo menjelaskan saat tutupan awan lebih sedikit ketika musim kemarau maka panas matahari akan langsung diserap Bumi, sehingga siang hari lebih panas.

Saat siang, bumi sifatnya menyerap (panas) maka suhu bumi lebih rendah daripada matahari. Kemudian pada malam hari, suhu bumi lebih tinggi dibanding matahari sehingga panas akan dipancarkan atau dikembalikan lagi ke atmosfer.

Ketika bumi melepaskan panas di malam hari, suhu di permukaan turun. Itu yang menyebabkan malam lebih dingin. Selain itu, faktor elevasi atau ketinggian suatu daerah juga berpengaruh pada suhu dingin. Secara topografi makin tinggi elevasinya makin rendah suhunya.

Berbeda dengan daerah pesisir, meski mengalami perubahan suhu, penurunannya tidak sedrastis di daerah dataran tinggi. Sementara itu di dataran tinggi, kemarau hampir selalu disertai suhu dingin saat malam. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*