Kamu Mau Kuliah ke Luar Negeri? Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Culture Shock!




Agar Tidak Culture Shock
Ilustrasi: Agar Tidak Culture Shock

JAKARTA, KalderaNews.com– Satu hal yang menantang jika berkuliah di luar negeri, tak hanya proses kuliah, tapi juga gegar budaya atau culture shock. Pindah ke tempat baru dengan bahasa, aturan, dan budaya yang masih asing tentu saja pasti akan membuat kamu merasa kaget dan bingung.

Nah, untuk itu kamu perlu melakukan beberapa hal sebelum mulai berkuliah di luar negeri. Berikut 5 tips agar tak mengalami culture shock:

Cari informasi tentang aturan, budaya, dan gaya hidup
Selain mencari tahu tentang sistem, materi, dan aturan perkuliahan, kamu juga mesti mengulik informasi perihal aturan baik tertulis maupun tidak tertulis, budaya dan gaya hidup di sana. Misal tentang cara memperlakukan teman, dosen, orang yang lebih tua, orang yang lebih muda, cara menjalin pertemanan, aturan makan yang benar, aturan tinggal, dan sebagainya. HJal ini agar kamu bisa cepat membaur dan betah. Cari tahu pula tentang gaya hidup orang-orang seumur agar kamu bisa punya banyak teman baik di kampus maupun di luar kampus.

BACA JUGA:

Beradaptasi dengan budaya
Culture shock muncul lantaran kamu merasa asing dan tidak cocok dengan budaya tersebut, dan sebenarnya hal itu wajar. Tentu tidak semua budaya atau gaya hidup yang baru kamu temui di sana wajib kamu ikuti dan terapkan dalam keseharian. Mampu beradaptasi berarti kamu mampu menyesuaikan budaya yang asing menjadi sesuatu yang wajar, baik karena kamu bisa menerapkan untuk dirimu ataupun karena kamu sudah belajar menghargainya. Biasakan pula untuk menjelaskan perbedaan budaya atau kebiasaan yang kamu miliki dengan mereka, agar mereka paham dan tidak salah paham.

Miliki pemikiran terbuka
Saat mengalami culture shock, pasti kamu akan merasa asing, bingung, dan muncul perasaan atau pemikiran yang mungkin cenderung negative, seperti penolakan atau menganggap hal tersebut aneh. Nah, karena hal seperti ini berpotensi akan terjadi saat kamu tinggal di luar negeri, maka kamu wajib punya bekal kuat yakni punya pemikiran yang terbuka. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk melihat dari berbagai sudut pandang, tidak akan langsung berpikiran negatif, menolak, menghindar atau bahkan mencemooh.

Lancar berbahasa
Sebagai mahasiswa asing, kamu pasti akan lebih banyak mengikuti kelas dengan bahasa Inggris di kelas internasional. Tapi bukan berarti kamu tidak perlu benar-benar mempelajari bahasa negara tersebut dengan baik, alias yang penting dapat sertifikat saja untuk syarat daftar kuliah. Perdalam bahasa negara tersebut agar kamu bisa lebih mudah bergaul dengan orang-orang asli sana. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah memahami aturan atau budaya setempat, terutama norma tidak tertulis dalam masyarakat.

Banyak bergaul bersama penduduk lokal
Hindari membatasi pergaulanmu! Kamu perlu pergaulan yang luas dan teman yang banyak agar bisa cepat beradaptasi dengan budaya di sana, sehingga merasa betah. Bergaul dengan teman-teman sesama mahasiswa asing dari negara lain juga baik, karena kamu jadi punya teman untuk berbagi dan yang sedang sama-sama belajar beradaptasi. Selain itu, kamu juga bisa mengajak mereka untuk menjalin banyak pertemanan dengan penduduk lokal sehingga proses adaptasi bisa lebih cepat.

So, itulah 5 tips agar kamu tidak mengalami culture shock ketika berkuliah ke luar negeri. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*